alexametrics

Imbas Covid-19, Rebel Samurai Batal

5 Maret 2020, 19:14:45 WIB

JawaPos.com – Ranah seni pertunjukan dalam negeri mulai merasakan imbas penyebaran Covid-19. Rencana pentas tiga kota oleh Ryuzanji Company (Jepang) yang seharusnya mulai digelar pekan depan resmi batal. Pembatalan tersebut dilakukan dengan menimbang perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Di Indonesia, pentas keliling Ryuzanji Company seharusnya dimulai dari Jakarta. Teater Salihara menjadi lokasi pertunjukan mereka. Manager Program Komunitas Salihara Ening Nurjanah mengatakan, pembatalan itu dilakukan dengan menimbang banyak hal. “Pekan depan mestinya ada pertunjukan teater oleh Ryuzanji Company dari Jepang. Kami sepakat untuk membatalkannya mengikuti imbauan pemerintah tentang antisipasi penyebaran virus Covid-19,” katanya.

Ryuzanji Company sebelumnya dijadwalkan naik panggung pada 10-11 Maret 2020 pekan depan. Lakon berjudul Rebel Samurai menjadi sajian mereka. Selain Jakarta, kelompok teater kontemporer yang berdiri pada 1984 itu juga dijadwalkan tampil di Padangpanjang dan Jogjakarta. Di Padangpanjang, mereka direncanakan pentas pada 12 Maret di Institut Seni Indonesia Padangpanjang lalu bertolak ke Teater Garasi di Jogjakarta. Sebelumnya, Dede Paramayoza dari ISI Padangpanjang telah mengumumkan pembatalan Ryuzanji. Ada surat edaran dari rektor yang meminta penundaan kedatangan tamu dari luar negeri hingga ada kepastian situasi wabah Covid-19 telah mereda.

Rebel Samurai bercerita tentang Yui Shosetsu, seorang samurai pemberontak, yang dicari oleh penduduk desa demi menyelamatkan mereka. Saat Yui muncul dengan gagah, seorang perempuan tua yang merupakan ibunya menyebut dia bukan sang samurai pemberontak. Mengambil latar cerita di zaman Edo, Rebel Samurai dikemas dalam bentuk teater modern. (tir)

 

 

 

Editor : tir



Close Ads