alexametrics

AFAIR 2020 Hadirkan 214 Karya Pilihan

5 Februari 2020, 02:38:24 WIB

JawaPos.com – Pameran dua tahunan Architecture Fair (AFAIR) 2020 yang menampilkan beragam karya rancang bangun kembali berlangsung. Tahun ini, AFAIR 2020 diselenggarakan di Gedung C Galeri Nasional Indonesia. Pameran ini adalah kerjasama antara Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, Galeri Nasional Indonesia, dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI).

Kurator AFAIR 2020 yang juga Ketua APTARI Yandi Andri Yatmo menyebut pameran ini menyajikan 214 karya arsitektur baik dalam bentuk dua atau tiga dimensi.  ’’Karya-karya tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan kuratorial,’’ katanya. AFAIR 2020 mengambil tema Us Within Us Without yang menunjukan keterhubungan manusia dengan arsitektur bukan sekadar pada soal rancang bangun belaka. Merujuk tema, proses kurasi karya berupaya memantik peserta berpikir jauh mengaitkan arsitektur dengan isu aktual di sekitarnya.

Karya Fadiyah Adiraputri berjudul Architectutre of Non-comformity: Anarchy in The U.I. dalam AFAIR 2020. (Arya Darmaja for Jawa Pos)

Pameran ini diikuti mahasiswa arsitektur dari 62 kampus dan institusi yang tergabung dalam APTARI. Mereka menyajikan 105 karya. Lalu, dari Departemen Arsitektur Universitas Indonesia ada 109 karya mahasiswa. Ketua Departemen Arsitektur Universitas Indonesia Dalhar Susanto menyebut arena seperti AFAIR 2020 diharapkan dapat mendorong mahasiswa arsitektur dapat mempertanggungjawabkan karyanya dan terlibat dalam menciptakan dunia yang lebih baik seturut idealisme.

 

 

Editor : tir


Close Ads