alexametrics

Tata Rias Tradisional dan Upaya Merangkul Milenial

2 Mei 2021, 20:05:37 WIB

Nama (almh) Tienuk Riefki di dunia tata rias tradisional sangatlah disegani. Bukan hanya karena menjadi tukang paes pernikahan anak presiden, melainkan juga karena dedikasinya selama berdekade buat tata rias tradisional.

PENDAPA Agung Royal Ambarrukmo, Jogjakarta, pekan lalu disulap sebagai ruang pameran. Foto-foto yang menampilkan sosok perempuan Jawa terpampang di sudut-sudut pendapa tersebut. Foto-foto itu menampilkan seorang perias yang sedang melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas paes.

Mulai memakaikan pakaian adat Jawa (dodot) kepada pengantin, membubuhkan gincu ke bibir mempelai wanita, hingga memandu prosesi pertemuan mempelai pria dengan mempelai wanita (panggih).

Sosok perempuan dalam foto-foto tersebut adalah maestro rias pengantin, (almh) Tienuk Riefki. Meski sudah berpulang, karier paes Tienuk yang membentang selama 40 tahun membuat orang-orang menjadikannya sosok inspirasi.

”Bu Tienuk ini tokoh perempuan yang melestarikan budaya adat Jogja lewat riasan. Banyak make-up artist (MUA) muda yang ingin tahu tentang sosoknya beliau. Dan, bagaimana seluk-beluk pakem pernikahan adat Jawa yang beliau pertahankan sampai beliau meninggal,” kata Rulli Melilia, kurator pameran.

Foto-foto Tienuk Riefki yang dipajang adalah foto koleksi Tienuk Riefki Management. Foto-foto tersebut menampilkan aktivitas-aktivitas Tienuk saat era 2000-an. Mengangkat tema ”Re-Generasi”, pameran yang berlangsung 24–27 April itu diadakan untuk membangkitkan gairah generasi muda dalam melestarikan adat Jawa. Pameran tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati sosok Kartini dan gerakan emansipasi perempuan.

Pameran itu tak semata diisi pajangan foto-foto. Panitia juga menggelar workshop bertema ”Tren Tata Rias Tradisional sebagai Bentuk Pelestarian Budaya di Era Milenial”. Workshop tersebut menghadirkan dr Wigung Wratsangka, seorang pelaku dan pelestari adat. Ada juga Yuyuk Endi, pemilik rumah rias Paras Ayu yang juga mantan asisten Tienuk.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : rin/c12/dra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads