alexametrics

Hades Fading dalam 80 Menit

2 Maret 2020, 10:57:30 WIB

JawaPos.com – Mainteater sukses mementaskan Hades Fading di La Mama Courthouse, Melbourne. Hades Fading atau Hades Memudar menjadi bagian dari festival pertunjukan tiga tahunan Asia TOPA di Australia. Karya ini ditulis dan disutradarai Sandra Fiona Long, seniman Australia yang telah lama bekerjasama dengan Mainteater di Bandung. Sebelum hadir di Melbourne, Hades Fading telah dipentaskan pada Agustus tahun lalu di NuArt Sculpture Park, Bandung.

’’Hades Fading adalah pertunjukan visual dan vokal yang berkisah tentang situasi pasca-apokaliptik berlatar mitos dunia Hades,’’ terang Sandra Fiona dalam pengantarnya. Karya ini telah disiapkan sejak 2017 lalu. Bersama keluarga besar Mainteater Bandung, Sandra mengolah bentuk presentasi naskah yang lekat dengan dunia mitologi Yunani itu. Hades Fading dibuka dengan soliloqui panjang Heliana Sinaga yang memerankan Eurydice.

Sejak awal, pementasan Hades Fading sudah menawarkan dunia fantasi dan imajinasi. Skenografi panggung menggunakan layar tipis membentuk lapis-lapis ruang permainan. Layar tersebut menumpahkan proyeksi multimedia di sepanjang Hades Fading. Di La Mama, lapis-lapis layar itu menjadi arena lega untuk menempatkan teks terjemahan dialog yang dilisankan para pemain. Terjemahan dialog ke dalam Bahasa Inggris tersebut sangat membantu penonton di La Mama yang terletak di kawasan Little Itali, Melbourne.

Selain Heliana, di atas panggung ada Wawan Sofwan, Godi Suwarna, dan Rinrin Candraresmi yang berbagi peran. Siasat pemanggungan Hades Fading yang meramu permainan cahaya, proyeksi multimedia, komposisi vokal, musik, dan soliditas pemeranan para aktor tersebut menawarkan pertunjukan penuh imajinasi beserta kejutan visual sejak pertunjukan dimulai. Hades Fading yang berlatar mitologi di luar dunia realitas itu mulanya mengasyikkan untuk diikuti. Hingga kemudian penonton tersadar pertemuan alur cerita yang dimainkan para aktor dengan wujud visual di panggung selama 80 menit itu terasa berkepanjangan. (tir)

 

Editor : tir



Close Ads