alexametrics

Art Basel Ditunda, SMHAF Dibatalkan

1 April 2020, 23:30:29 WIB

JawaPos.com – Sejumlah forum seni internasional ikut terdampak oleh merebaknya Covid-19. Penundaan dan pembatalan menjadi pilihan para penyelenggara. Keputusan itu mau tak mau harus dilakukan mengingat sebaran Korona menjangkau banyak negara di dunia dan masing-masing negara kini punya kebijakan ketat pada tiap kegiatan mendatangkan banyak orang semasa pandemi.

Dari Swiss, Art Basel memutuskan untuk mengundur jadwal. Pameran seni tahunan yang selalu mampu menarik ratusan ribu orang untuk datang menikmati karya-karya mutakhir seniman dari berbagai pelosok dunia itu mestinya berlangsung pertengahan Juni nanti. Dalam pernyataan resminya, Direktur Global Art Basel Marc Spiegler menyebut penundaan Art Basel adalah keputusan yang tidak mudah. ’’Kami berharap situasi cepat membaik,’’ ujar Spielger.

Art Basel pertama kali diselenggarakan pada 1970. Pameran seni itu mulanya diselenggarakan di Basel saja setahun sekali. Art Basel kemudian membesar dan kini tiap tahun diselenggarakan di Hongkong, Basel, dan Miami. Art Basel di Hongkong yang mestinya berlangsung pertengahan Maret 2020 telah lebih dulu buyar oleh mewabahnya Korona. Laman Art Basel mengumumkan tahun ini pameran besar itu akan diselenggarakan September mendatang di Basel.

Dari Skotlandia, Scotish Mental Health Art Festival (SMHAF) tahun ini resmi dibatalkan. Pandemi Korona yang menyergap bagian utara Britania Raya tersebut menjadi sebab pembatalan. Festival seni kesehatan mental terbesar di dunia itu mestinya berlangsung sepanjang Mei 2020. Festival tahunan yang kali ini masuk ke 14 kalinya tersebut tiap tahun di selenggarakan di berbagai kota di Skotlandia. Ragam bentuk karya dari film, sastra, hingga seni rupa dan pertunjukan yang berkaitan dengan persoalan kesehatan mental menjadi daya tarik utama festival ini.(tir)

 

Editor : tir



Close Ads