alexametrics

Extension Room Gabungkan Fungsi dan Estetika

Redesain Hunian Optimalkan View Danau
29 November 2021, 06:53:48 WIB

Rumah yang berlokasi di kawasan Padalarang, Bandung, ini dibangun di atas struktur yang kukuh. Namun, desainnya dirasa kurang estetis dan fungsional. Duo arsitek Erwin Kusuma dan Regina Winarni dari e.Re Studio Architects ”menyulap” rumah itu menjadi jauh lebih modern dan fresh.

STRUKTUR yang kukuh dipertahankan. Namun, perlu banyak perombakan untuk menjadikan bangunan itu sesuai dengan apa yang diinginkan sang pemilik rumah. Pertama, dari segi estetika. Bangunan awalnya dinilai kurang menarik dan cenderung membosankan. Banyak ruangan yang besar, tapi tidak jelas fungsinya. Pemilik menginginkan rumah yang berkesan modern dan homey.

Lalu yang kedua, sirkulasi dan pencahayaan sangat kurang. Beberapa ruangan terasa gelap meski luas. Untuk itu, Erwin dan Regina membongkar beberapa tembok dan mempertahankan beberapa kolom asli. Kemudian membuat bukaan sebanyak-banyaknya untuk memaksimalkan sinar matahari dan sirkulasi udara. Hal itu didukung pula dengan konsep double volume pada ruang keluarga.

(ISTIMEWA FOR JAWA POS)

’’Double volume berbeda dengan high-ceiling karena dari lantai atas bisa melihat ke lantai di bawahnya,’’ kata Regina kepada Jawa Pos pada Rabu (24/11) lalu. Rumah itu tampak seperti memiliki dua lantai jika dilihat dari depan. Namun, tampak belakang, baru terlihat bahwa sebenarnya rumah itu terdiri atas tiga lantai.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c7/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads