alexametrics

JJ House, Padukan Ketegasan dan Ekspresi Quirky

27 Maret 2022, 17:02:17 WIB

Belakangan ini, arsitektur di Indonesia tampak didominasi dengan bentuk kotak dan nuansa industrial. Hendro Prasetyo, arsitek Ruang Raya, mengaku bosan dengan hal itu. Dia mencoba menyampaikan “protesnya” lewat karya bernama JJ House yang mencoba keluar dari tren arsitektur yang ramai belakangan ini.

“KETIKA trennya baru muncul, kesannya eklektik, didesain dengan pertimbangan dan kedalaman konsep dan tampak berusaha menerapkan nilai-nilai ketropisan. Tapi, makin ke sini, semuanya kayak seragam. Identitasnya hilang,’’ kata Hendro kepada Jawa Pos Rabu (23/3) lalu.

Untuk JJ House, Hendro membuat pendekatan arsitektur sesuai dengan karakter pribadi klien. Dia menilai kliennya –yang merupakan pasangan suami istri– itu memiliki kombinasi karakter tegas dan quirky yang kemudian ditransformasikan ke dalam bahasa arsitektur.

Ketegasan diaplikasikan lewat garis dan blok massa yang tegas. Kemudian sisi quirky ditampilkan lewat lengkungan-lengkungan pada rumah itu. Hendro sendiri menyebutnya sebagai elemen Arc. ’’Ketegasan dan quirky bisa bertemu meski secara tata massa kesannya solid dan masif. Lengkungan memberi kesan lembut dan lucu,’’ ucapnya.

Elemen lengkung itu diawali pada fasad. Di fasad tersebut ada dua jendela besar yang ikut melengkung. Di balik jendela itu sendiri terdapat kamar utama dan kamar anak. ’’Selain menjadi keunikan project ini, jendela lengkung itu menunjukkan kemampuan cratfsmanship di lapangan,’’ ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c18/nor

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads