Renovasi Fasad A10 House, Bawa Vibes Kafe Industrial ke Rumah

26 September 2022, 06:26:34 WIB

Belakangan ini, nongkrong berlama-lama di coffee shop menjadi kegemaran banyak orang. Terlebih, coffee shop kerap didesain keren dan nyaman. Hal itulah yang menjadi dasar renovasi fasad A10 House yang terletak di kawasan Bekasi, Jawa Barat, ini.

PENGHUNI rumah tersebut adalah keluarga kecil yang sama-sama suka jalan-jalan, kamping, dan nongkrong. Oleh karena itu, mereka ingin membawa coffee shop vibes bernuansa industrial ke dalam rumah mereka. ’’Preferensi visualnya dari situ, lalu juga low-budget dan sesuai dengan tren kafe zaman sekarang,’’ kata Fadiya Ramadhana Kirana selaku tim desain dari Atelier TEN+ pada Rabu (21/9) lalu.

Bentuk asli fasad itu berusaha dipertahankan. Misalnya, mahkota persegi. Namun, dirombak menjadi lebih fresh dan tegas secara visual. Mahkota persegi itu pun diberi finishing berupa aci garuk dengan motif garis vertikal. Lalu, di sisi kanannya, ditambahkan bata roster dengan warna aslinya merah bata, menyesuaikan dengan genting existing rumah tersebut.

’’Karena mahkotanya udah tegas, kami tambahkan roster merah supaya kesannya lebih hangat dan vocal jika dibandingkan dengan rumah sekitar, tapi identitasnya masih sama,’’ terang Fadiya. Pemasangan roster itu pun dibuat miring. Dengan demikian, ketika ada orang yang masuk dari area parkir di sisi kiri menuju pintu rumah, itu akan memberi kesan menyambut.

Sementara itu, dinding pada area entrance berupa semen aci halus dibiarkan terekspos untuk memperkuat kesan industrial. Untuk pagar, material perforated panel dipilih karena memberikan kesan menerawang tanpa mengurangi fitur keamanannya. Selain itu, sesuai dengan sifat klien yang terbuka dan senang bercengkerama. Material tersebut dipadukan dengan dinding ber-finishing aci kamprot yang menambah permainan tekstur. ’’Sehingga rumah punya beragam tekstur. Jadi balance, gitu,’’ terangnya.

Di area depan rumah, terdapat taman kecil dan kursi beton untuk tempat bersantai saat pagi ataupun sore. Meski menghadap ke barat, bagian depan rumah itu tidak terlalu terpapar sinar matahari. Sebab, ada pohon merah yang ditempatkan di depan rumah. ’’Pohon itu existing dan dipertahankan. Kami coba nongkrong sore-sore, enggak kena panas,’’ kata Fadiya.

Rumah tersebut terletak di kawasan rawan banjir. Oleh karena itu, penempatan gutter sebagai jalur air pun diperhatikan dengan baik. Gutter yang sudah ada dipertahankan. Kemudian, ditambahkan satu gutter lagi untuk menyesuaikan kebutuhan layout bagian depan. Terutama kebutuhan carport yang awalnya hanya untuk satu mobil kini menjadi dua.

BERAGAM TEKSTUR: Dinding pada area entrance berupa semen aci halus yang dibiarkan terekspos untuk memperkuat kesan industrial. Di balik bata roster, terdapat teras kecil berisi dua kursi yang juga bisa dijadikan spot nongkrong. (ISTIMEWA)

A10 House

  • Luas tanah: 72 meter persegi
  • Luas bangunan: 45 meter persegi
  • Lama pengerjaan: 5 bulan
  • Design team: Atelier TEN+, Fadiya Ramadhana Kirana, Theodore Daniel, Ghina Nisrina Chaerlyana, dan Naufal Rizky Pratama

HIGHLIGHTS

  • LAYOUT TAK BERUBAH
Tampilan fasad sebelumnya. (ISTIMEWA)

Layout bagian dalam rumah sama sekali tidak berubah karena hanya fasadnya yang direnovasi. Namun, layout depan mengikuti kebutuhan. Misalnya, kebutuhan carport untuk dua mobil. Dibuatlah carport di sisi kanan dan kiri, dipisahkan taman. Hal itu mempermudah mobil masuk dan keluar tanpa mengganggu lainnya.

  • LIGHTING
Tampilan fasad sebelumnya. (ISTIMEWA)

Permainan lighting diterapkan pada area fasad untuk mengekspos elemen menarik dari wajah rumah. Misalnya, lampu panjang tersembunyi yang meng-highlight tekstur aci kamprot. Warna lampu kuning dipilih untuk memberikan kesan redup dan tenang.

  • ACI GARUK

Mendesain rumah dengan gaya industrial yang serba terekspos butuh penggarapan yang rapi. Misalnya, aci garuk pada mahkota persegi yang menurutnya paling menantang. Desainer dengan tukang harus match dalam menciptakan motif vertikal yang rapi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c12/nor

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads