alexametrics

Modern Japanese House ala Nita-Nausa, Elemen Kayu dan Hangat

25 Oktober 2020, 19:37:43 WIB

Dengan luas lahan 103 meter persegi, pasangan Nita dan Nausa Carnavian tak kehabisan ide untuk menciptakan hunian yang clean dan lapang. Konsep modern Japanese house menjadi pilihan.

PERENCANAAN yang matang dan pemilihan warna menjadi kunci. Untuk menghadirkan kesan luas, Nita dan Nausa menerapkan penempatan negative space atau ruang kosong. Jarak antarfurnitur diatur agak renggang. ”Kami terinspirasi rumah atau restoran Jepang yang clean dan rapi,” ujar Nausa yang begitu menggemari apa pun tentang Negeri Sakura.

Nita dan Nausa menata interior Ster House, rumah mereka yang dibangun tiga lantai (total luas 210 meter persegi) ini, dengan mempertimbangkan detail ukuran setiap barang yang diperlukan. Furnitur yang dipilih pun benar-benar disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Ruang keluarga hanya diisi sofa. Meja makan juga dibuat menyambung dengan cooking area di dapur, yang menghadap langsung ke ruang keluarga.

Nausa dan Nita juga memperbanyak bukaan di rumah mereka yang menghadap timur. Jendela overhead dipilih agar sirkulasi udara dan cahaya membuat rumah sejuk dan terang meski tanpa listrik pada siang hari. Sejumlah pintu dibuat bercelah untuk memaksimalkan udara masuk.

Aksen berupa garis tegak lurus banyak ditemui di bagian dalam rumah, dinding, atau furnitur. Di lantai pertama Ster House, ada carport, ruang asisten, serta foyer semi-outdoor. Ruang keluarga, ruang makan, pantry, kamar tidur, dan minigym menempati lantai 2 dan 3.

Kesan luas dan clean juga muncul dari tekstur dan bahan pada permukaan bagian dalam rumah. Dinding dan lantai polos, elemen kaca, serta pencahayaan berpadu apik menghasilkan kesan bersih nan homey.

Nausa dan Nita hanya menerapkan lima unsur warna pada hunian ini. Yakni, putih, natural kayu, abu-abu, hitam, serta hijau dari tanaman koleksi Nita yang hobi berkebun. ”Dengan begitu, rumah bisa terkesan lapang dan rapi,” tutur Nita.

Nita cermat menggabungkan fungsi dan estetika. Misalnya, storage atau penyimpanan di area dapur yang secara tidak langsung terlihat seperti dekorasi ruangan. Tengok saja lemari bumbu dan peralatan masak yang disusun layaknya rak penyimpanan di restoran. Untuk mempercantik mood ruangan, pilihan Nita jatuh pada bunga-bunga kering yang warnanya senada dengan furnitur plywood.

HIGHLIGHT

MUDROOM DI LANTAI 2

(IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Sudut cantik ini menjadi salah satu concern Nita. Jadi tempat singgah untuk lepas pasang sepatu. Juga penyimpanan stok kebutuhan rumah.

POWDER ROOM

(IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Nuansa Jepang juga ditemukan di powder room atau toilet tamu. Pemilihan warna natural seperti abu-abu batu serta elemen kayu membuat tamu serasa sedang berkunjung ke rumah-rumah Jepang.

CLEAN KITCHEN

LIMA WARNA: Nita dan Nausa hanya menerapkan lima unsur warna pada hunian ini. Yakni, putih, natural kayu, abu-abu, hitam, serta hijau dari tanaman koleksi Nita yang suka berkebun. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Nausa passionate memasak. Laci penyimpanan didesain customized sesuai dengan ragam dan ukuran peralatan masak yang dibutuhkan. Hasilnya, dapur selalu tampak rapi.

MASTER BEDROOM

Aksen garis vertikal pada dinding menjadi daya tarik. Stylish meski minimalis. Di balik dinding bergaris vertikal, ada pintu yang menuju kamar mandi dalam.

ROOFTOP ZEN

Bagian atas rumah menjadi area semi-outdoor beratap kaca. Mengusung gaya Zen ala interior Jepang dan tanaman ilalang, area ini cocok digunakan untuk bersantai.

GREEN AREA

(IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Green wall di sebelah tangga semi-outdoor memberi kesan sejuk. Area bordes pada tangga juga tak luput dari sentuhan tanaman.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : len/c14/nor



Close Ads