alexametrics

Desain Ruang Tamu Bisa Gambarkan Kepribadian, Simak 9 Tipsnya

24 Agustus 2019, 14:40:45 WIB

JawaPos.com – Ketika tamu berkunjung ke rumah seseorang, ruang yang paling pertama disinggahi adalah ruang tamu. Desain atau suasana ruang tamu bisa menjadi penilaian pertama tamu pada pemilik rumah. Jika desainnya biasa saja dan ruang tamunya berantakan, maka penilaian terhadap sang pemilik rumah bisa menjadi negatif.

Ada beberapa cara sederhana untuk menambah lebih banyak ide pada desain ruang tamu sesuai kepribadian. Dalam acara Fashionbloom & Beautyphoria LaSalle College di Jakarta,parara siswa Fashion Business mengambil bagian dalam beberapa kegiatan seperti Young Emerging Bazaar, Fashion Shows, dan Talk show Desain.

FashionBloom & Beautyphoria ke-10 mengusung tema Youth Celebration merupakan sebuah konsep yang dibuat untuk menyoroti sekaligus merayakan kebebasan berekspresi serta percaya pada transparansi dan keterbukaan. Tema yang diambil tahun ini bertujuan untuk mendorong para siswa untuk bebas mengekspresikan diri mereka melalui seni dan karya.

Melalui Talk show dan kompetisi ini, program Interior Design, LaSalle College Jakarta memberikan pemahaman sekaligus praktikal pentingnya aspek pewarnaan sketsa desain pada area ruang tamu (Living Room).

“Sebab ruang tamu itu sebagai identitas utama yang menggambarkan kepribadian dari pemilik rumah. Living Room as a Reflection of Identity, identitas pemilik rumah,” tegas Program Director of Design Interior Katherine Suteja kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Menurut Katherine, terdapat beragam aspek dalam ilmu desain interior, salah satunya adalah Rendering (proses membangun gambar dari sebuah model) melalui teknologi komputer. Terdapat dua teknik dalam rendering, yaitu manual dan digital. Manual merupakan teknik mewarnai sketsa desain sedangkan digital adalah proses dari membangun gambar dari sebuah model melalui program komputer.

“Peserta, akan diberikan pemahaman pantingnya aspek pewarnaan serta teknik rendering yang dapat dipergunakan dalam merancang desain interior yang diidamakan, baik secara manual maupun digital (3D visualization). Salah satunya pada living room,” katanya.

Dilansir dari Westchester Magazine, Sabtu (24/8), ada berbagai cara untuk memberi sentuhan kepribadian pada desain ruang tamu Anda yang bisa menjadi inspirasi. Cobalah!

Foto : Ilustrasi desai ruang tamu sesuai kepribadian/dok Houzz-Westchester

1. Sentuhan Pada Jendela

Cara hemat biaya untuk memberi sentuhan modern pada jendela adalah dengan mengecat bingkai dengan warna yang lebih gelap daripada dinding, sehingga ruang tamu bisa tampak lebih hangat.

2. Beri Ornamen Sesuai Kepribadian

Coba tambahkan sentuhan pribadi du ruang tamu untuk memberikan lebih banyak karakter. Kumpulkan semua benda berharga dan buat fitur. Seoerti buku, ornamen, dan vas.

3. Kreatif

Cukup tampilkan campuran eklektik dari foto di bingkai dan dan rak pajangan. Rak galeri terlihat sangat dramatis dengan wallpaper geometris di bawahnya.

4. Unik dengan Cermin

Jangan takut melakukan hal yang sedikit berbeda untuk menambahkan karakter. Gunakan cermin dalam berbagai bentuk atau ukuran. Atau tambahkan kotak peti tua menjadi meja kopi.

5. Tema atau Gaya

Misalnya memilih tema minimalis atau monokromatik bisa bermain dengan warna. Pilihlah warna hitam putih di ruang tamu.

Foto : Ilustrasi desai ruang tamu sesuai kepribadian/dok Houzz-Westchester

6. Kreasi Lampu

Gunakan pencahayaan di ruang tamu untuk menciptakan suasana hati. Tambahkan lampu meja kontemporer untuk suasana. Jangan lupa lilin aromaterapi untuk memberikan kesan hangat di ruang tamu

7. Kreasi Warna

Mudah untuk membuat ruang tamu lebih menarik, tanpa menghabiskan anggaran, dengan menggabungkan warna-warna berani. Kontras antara rona cerah dan pola geometris pada bantal di sofa akan lebih menarik.

8. Tanaman Hijau

Untuk menambah kehangatan, pertimbangkan untuk membawa beberapa tanaman hias. Tanaman hias buatan akan lebih menarik diletakkan di ruang tamu.

9. Sentuhan Pedesaan

Gaya country adalah cara mudah untuk menambah kehangatan dan karakter. Bata, keranjang anyaman, dan bahan-bahan alami adalah sentuhan kesederhanaan pada rumah di pedesaan. Tambahkan dengan sentuhan wallpaper yang sesuai.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Close Ads