alexametrics

4 Cara Manfaatkan Motif Bunga di Rumah Agar Terlihat Modern

24 Juni 2019, 13:37:06 WIB

JawaPos.com – Tak perlu barang mahal untuk membuat rumah terlihat lebih elegan dan berkelas. Cukup siasati dengan menggunakan motif bunga saat mendekorasi ruangan atau pada barang dalam rumah.

Motif bunga bisa digunakan untuk hiasan dinding atau wallpaper, sprei, taplak meja, hingga tirai. Rumah bergaya Eropa atau Victoria juga memiliki motif bunga pada semua sisi. Bahkan ruang retro terkadang menggunakan motif bunga yang funky dan bersemi.

Tetapi jika menginginkan ruangam terkesan modern, Anda bisa menggunakan bunga dalam nuansa kontemporer. Namun jika kurang kreatif, motif bunga akan terkesan vintage atau kuno. Untuk itu perlu memahami triknya. Mulai dari memahami pola, warna, tekstur dan skala.

Seperti dilansir dari Fresh Home, Senin (24/6), ada 4 trik menggunakan motif bunga di ruangan agar rumah terlihat lebih cantik.

Penggunaan motif bunga apda wallpaper akan menambah eksan elegan jika dipilih dengan tepat. (Fresh Home)

1. Fokus pada Pola

Inti dari tren bunga adalah semuanya tentang pola. Dan ketika menutuskan menggunakan motif bunga agar lebih modern, pada dasarnya ada dua cara untuk melakukannya. Yaitu pilih bunga yang besar dan berani untuk tampilan yang menarik. Atau bunga yang lebih kecil untuk tampilan yang lebih beraksen.

Jika menggunakan motif bunga yang besar dan tebal, Anda akan ingin menemukan gaya yang cocok untuk dijadikan wallpaper. Cetakan harus memiliki close-up besar, detail bunga. Gunakan cetakan itu di satu dinding.

Pilihan lainnya adalah dengan bunga yang lebih kecil. Namun, agar tetap modern, coba temukan motif yang lebih abstrak. Pilih motif bunga yang lebih kecil dengan desain bunga alami. Menjadi sedikit abstrak akan membuat tampilan lebih modern.

2. Perhatikan Warna Motif Bunga

Bunga dalam gaya modern fokus pada kesan berani dan tegas atau netral. Jika menggunakan warna yang berani, gunakan itu sebagai aksen. Misalnya, dapat memilih motif bunga pada satu dinding dengan warna utama, dan bunga lainnya berwarna netral. Menggabungkan motif bunga dengan nada netral juga akan memberikan sensibilitas yang lebih modern. Pilihan lain adalah dengan menggunakan motif bunga pada sarung bantal dengan aksen yang lebih kecil.

Bisa juga menggunakan warna netral. Biasanya menampilkan beberapa jenis bunga abu-abu atau hitam di atas latar belakang putih. Itu akan memberi warna netral dan geometri ruang yang lebih modern.

3. Pikirkan Tekstur

Kunci lain untuk bermain-main dengan motif bunga adalah memasukkannya ke dalam tekstur alami ruangan. Misalnya, dapat menempatkan motif bunga di kepala ranjang dan sarung bantal. Pola bunga sudah memiliki banyak tekstur visual.

Penggunaan motif bunga pada bantal an selimut. (Fresh home)

Cara lain untuk bermain dengan motif bunga adalah dengan menggunakannya untuk membuat kesan ruang monokrom. Ini adalah skema warna paling populer di rumah modern. Misalnya, mungkin menggunakanbunga netral untuk mendapatkan tekstur visual.

4. Fokus pada Skala

Aspek kunci lain yang perlu dilihat adalah ukuran motif bunga yang Anda gunakan secara keseluruhan. Misalnya, jika menggunakan wallpaper atau sprei dengan cetakan bunga, itu berarti ukurannya bisa lebih besar. Atau mungkin hanya ingin memiliki sedikit aksen bunga di tempat tidur, artinya ukurannya dalam skala yang lebih kecil.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads