alexametrics

Fasad Origami, Vibe ala Resor

24 Mei 2021, 06:37:08 WIB

Wajah bangunan dengan warna dominan abu-abu itu tampak menonjol. Tampilannya serupa kreasi origami yang ”dilipat-lipat”. Ikonik sekaligus artsy.

”AWALNYA konsep desain tidak secara spesifik mengacu pada gaya Jepang atau terinspirasi dari origami,” ujar Rabani Kusuma Putra, founder dan principal Nimara Architects. Dia menuturkan, kliennya kali ini, artis Intan Nuraini dan sang suami Donny Azwan, concern pada visual dan menginginkan tampilan rumah yang stylish. ”Jadi, nggak susah ketika kami mengajukan bentuk bangunan yang cukup abstrak,” lanjutnya.

Eksplorasi desain menghasilkan bentuk yang mencuri perhatian. Yaitu hunian bergaya kontemporer dengan fasad yang memiliki sudut-sudut menyerupai lipatan origami. Praktis, DI House yang berlokasi di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, itu tampil menonjol di antara bangunan-bangunan sekitarnya.

Strukturnya pun mengikuti bentuk fasad dengan kemiringan sekitar 35 derajat pada tepi-tepiannya. Rabani menuturkan, tantangannya adalah efisien dalam penggunaan lahan. ”Bentuk seperti itu kesannya agak boros (lahan). Maka, sistem struktur harus dibikin seefisien mungkin,” paparnya.

Material kulit (sisi luar) seluruhnya menggunakan concrete ekspos yang di-finishing dengan cat abu-abu. ”Satu warna biar solid. Karena kami ingin tampilan bangunan lebih ikonik,” ucap Rabani. Tak hanya artsy, desain fasad juga mengikuti fungsi ruangan di dalamnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : c9/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads