alexametrics

Eksplorasi Ide Mahadiyanto dalam Wujudkan Gro-House

Sangat Modern dan Terencana
24 April 2020, 10:38:48 WIB

Lahan yang tersedia untuk membangun rumah semakin sempit. Desain yang dirancang para arsitek pun harus menyesuaikan. Kini, kita mulai ’’akrab’’ dengan hunian berbentuk ramping tapi tinggi. Tidak lagi lebar dan besar.

TERINSPIRASI bentuk dasar atap rumah yang segi tiga, arsitek Mahadiyanto merancang Gro-House, huniannya, menjadi bangunan yang sangat modern. Bentuknya yang langsing membuat bangunan tersebut ikonik, mudah diingat, dan menarik perhatian.

Penerapan gaya industrial dan pemilihan warna gelap menunjukkan karakter pemilik rumah yang ingin menonjolkan kesan maskulin. Aspek vegetasi juga menjadi salah satu metode desain wajib bagi Mahadiyanto. Gro-House dibuat menghadap barat daya agar bisa terkena sinar matahari saat sore.

Pohon rainbow (Eucalyptus deglupta) dipilih sebagai pelengkap keasrian bagian luar. Alasannya, pohon tersebut bisa tumbuh tinggi dengan cepat dalam waktu sepuluh bulan. Tiga pohon rainbow berada di sisi kiri dan dua pohon di bagian taman samping kanan rumah.

Dua pohon itu akan memberi bayangan pada bangunan dan berfungsi mereduksi panas matahari saat sore. ’’Sebagai respons terhadap lingkungan sekitar. Tetangga di sebelah kanan juga terjaga dari panasnya matahari sore berkat dua pohon rainbow tersebut,’’ papar Mahadiyanto.

IMPRESIF: Meski tidak lebar, bagian dalam dimaksimalkan untuk kebutuhn ruang. (MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Pada bagian interior, dia memadukannya dengan material kayu sungkai agar lebih homey. Sekaligus jadi penetral material industrial lain seperti baja, besi, beton, dan bata ekspos.

Gro-House merupakan rumah yang didesain berdasar eksperimen. Dibutuhkan teknik khusus untuk mewujudkan detail-detail desain terbaru yang belum pernah diaplikasikan. Misalnya, penggunaan besi hollow sebagai salah satu material utama rangka bagian dalam bangunan.

Karena itu, mengedukasi para pekerja di lapangan menjadi kendala yang harus dihadapi dalam pembangunan. ’’Lebih ke detail teknis pemasangan. Contohnya, masang dinding sekaligus atap yang materialnya sama dan nyambung dari bawah ke atas. Itu perlu edukasi khusus,’’ jelasnya.

Pada fase awal, Gro-House dibangun dengan ruangan-ruangan yang dibutuhkan. Namun, Mahadiyanto tetap memperhatikan dan mempersiapkan jika nanti ingin menambah ruangan. Ruangan dan properti rumah dibuat multifungsi untuk menghemat space. Misalnya, living room dan dining room yang dibuat menyatu dengan tinggi plafon sekitar 8 m2.

Alumnus Arsitektur Universitas Trisakti tersebut juga mengeksplorasi material yang jarang digunakan di lingkungan sekitar rumahnya. Dia mengaplikasikan atap bitumen aspal pada dinding luar bangunan dan plywood untuk dinding bagian dalam. Meski bangunan itu terdiri atas tiga lantai, proses pembangunannya terhitung cepat. ’’Selesainya Maret 2018 dalam waktu enam bulan,’’ terang Mahadiyanto.

Letak rumah yang bersebelahan dengan sawah dimanfaatkan sebagai sistem sirkulasi udara. Desain silang ventilasi udara diatur dari utara agar sirkulasi angin bisa maksimal. Di sisi barat, Mahadiyanto membuat bukaan ke arah taman di samping bangunan.

ARTISTIK: Pojok wastafel yang artsy dengan bayangan pencahayaaan alami. (MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Setiap ruangan diposisikan bersentuhan dengan bagian luar agar cahaya matahari bisa masuk. Dengan begitu, lampu tak perlu dinyalakan saat siang. ’’Proses desain Gro-House memang menggali ide dari solusi tempat tinggal yang kecil. Tapi, ruangannya tetap bisa diperbanyak dan disesuaikan dengan bujet si pemilik,’’ tambahnya.


HIGHLIGHT

STORAGE PADA TANGGA

(MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Terdapat dua tangga di Gro-House. Tangga pertama menghubungkan lantai dasar dan lantai 2. Bagian bawah tangga difungsikan sebagai storage. Rangka tangga menggunakan besi siku dan multipleks 18 mm sebagai alas serta tripleks 3 mm dengan finishing melamik.

RUANG KERJA

(MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Berbeda dari yang lain, ruang kerja terletak di bagian paling atas alias memanfaatkan loteng. Dari ruang kerja, kita bisa melihat kamar tidur utama secara langsung.

PINTU KAMAR MANDI PLUS RAK BUMBU DAPUR

(MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Berhadapan dengan dapur, pintu kamar mandi bawah dibuat dengan model geser. Pintu kamar mandi juga dibuat multifungsi sebagai rak penyimpanan bumbu dapur.

ATAP KACA DI KAMAR MANDI

(MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Uniknya, kamar mandi yang berada di lantai atas menggunakan kaca sebagai atap. Jadi, meski tingginya hanya 2,1 m, kita tetap bisa melihat langit saat cerah maupun rintik hujan. Atap kamar mandi juga diberi kisi-kisi kayu jati Belanda untuk mereduksi panas matahari.


HOME FACTS

(MAHADIAYANTO ATELIER BERTIGA FOR JAWA POS)

Luas Tanah 102 M2

Luas Bangunan 76 M2

Tinggi bangunan 8 M2

LOKASI BEKASI, JAWA BARAT

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : shf/c18/jan



Close Ads