alexametrics

”Pecah” Proporsi Massa Bangunan agar Tidak Berat

B House yang Kental Nuansa Tropis
23 Januari 2022, 19:56:12 WIB

Pulau Bali memiliki daya tarik yang kuat. Dengan langit cerah, suasana asri, dan budaya yang kental, siapa yang tidak suka berlama-lama di sana? Elemen khas Bali itulah yang menginspirasi Andrew Marzuki Gohte merancang B House, hunian di kawasan Karawaci, Tangerang, ini.

BERDIRI di lahan berbentuk L, rumah tersebut dianugerahi space yang cukup luas. Andrew pun berusaha menghadirkan kemegahan sejak area fasad. Salah satunya adalah dengan memadukan dua material berbeda sebagai unsur utama. Yakni, kayu bengkirai yang dipotong memanjang (grille wood) sehingga menciptakan motif dan tekstur bergaris serta marmer travertine.

“Dengan tujuan agar proporsi bangunan terpecah. Sehingga massa bangunan tidak terkesan terlalu ’berat’,” kata Andrew kepada Jawa Pos pada Kamis (13/1). Pilihan Andrew tepat. Seandainya fasad dibuat sebagai dinding yang solid, bangunan rumah seluas 750 meter persegi tersebut akan terkesan penuh dan padat. Selain itu, warna dan motif marmer travertine yang netral dinilai Andrew mendukung konsep Bali house pada rumah tersebut. Tapi, juga tetap mengedepankan kemewahan.

Marmer pun tampak serasi disandingkan dengan kayu bengkirai yang tidak hanya menambah nilai estetis, tapi juga fungsional sebagai second skin. Di baliknya merupakan dinding area tangga. ’’Grille wood ini juga bisa mengurangi panas yang masuk pada area tangga utama,’’ kata principal architects Gohte Architects tersebut.

MAIN ENTRANCE: Pintu ukir Bali nan megah berpadu apik dengan grille wood yang menjadi salah satu focal point pada fasad rumah. (Gohte Architects)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c6/nor

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads