alexametrics

Statement Visual lewat Fasad Merah dan Atap Bertumpuk

22 November 2021, 10:27:38 WIB

Merah menyala jadi statement kuat bangunan ini. Arsitek Ismail Solehudin sengaja memilih tone warna tersebut untuk memperkuat desain fasad. Menjadikannya magnet di tengah permukiman padat Kota Bogor.

FASAD serbamerah dan bentuk atap yang tampak bertumpuk menjadikan bangunan tersebut menonjol secara visual. Stack by Step Red Zone Boarding House seolah ingin menggambarkan daerah sekitar yang merupakan kawasan padat penduduk. Di mana rumah-rumah berdempetan dengan atap yang saling bersinggungan. ”Desain bangunan ini cerminan dialog dengan lingkungan sekitarnya,” papar Ismail sebagai principal architect.

Merah dipilih sebagai magnet yang membuat orang penasaran. ”Kalau dari luar kan jadi lebih cepat ditangkap mata. Dan, tidak hanya luarnya saja yang bikin penasaran, dalamnya juga beda,” tegasnya mengenai bangunan yang masuk nominasi best implemented project of private residence Golden Trezzini Awards for Architecture and Design tersebut.

SPOT KOMUNAL: Tangga melayang dan konsep split level yang diterapkan menghadirkan pengalaman ruang yang unik bagi penghuni tiap kamar. Tangga sekaligus area sosialisasi. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

Ismail menuturkan, tidak ada permintaan khusus dari pemilik boarding house tiga lantai tersebut. Hanya desain unik dan memaksimalkan unit di lahan sempit. Tantangan itu dijawab Ismail dengan mengurangi jatah luas koridor, lalu menggantinya dengan tangga. Menurut dia, konsep tersebut bisa lebih efisien secara ruang dan biaya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c13/nor




Close Ads