alexametrics

Rumah Levina-Richard, Bersih dan Berlimpah Cahaya Matahari

21 September 2020, 06:34:46 WIB

Hunian Levina Faby dan Richard Handiwiyanto memadukan desain elegan tanpa mengorbankan kenyamanan. Kesan clean dan hangat amat terasa ketika menginjakkan kaki di rumah tiga lantai ini.

NYARIS seluruh ruang di rumah Levina Faby-Richard Handiwiyanto punya nuansa putih. Berpadu serasi dengan lantai granit putih dengan gurat abu-abu. Plus, kusen yang juga putih bersih. Levina menceritakan, konsep rumah dominan putih itu merupakan ide sang ibu. ”Sejak awal, memang pengin rumah yang clean karena Mami suka putih,” paparnya.

Cita-cita itu terwujud di rumah yang ditempati keluarga Levina sejak dua tahun lalu. Putih berpadu dengan beige, abu-abu, dan warna kayu. ”Nyaris mirip sama ide awal kami. Cuma ada sedikit penyesuaian setelah berunding dengan tim desainnya,” lanjut Miss Indonesia Kalimantan Selatan 2012 itu. Terutama, dalam hal padu padan aksesori rumah.

Kesan bersih juga didukung akses cahaya matahari yang bebas. Di setiap lantai –kecuali basement– ada dinding kaca yang menghadap kolam renang. Bahkan, di lantai teratas yang tersambung ke area rooftop hampir seluruh dinding merupakan panel kaca. ”(Sisi, Red) hadapnya juga pas. Jadi, kalau siang dan cuaca lagi cerah, bisa silau banget,” kata Levina.

Levina dan Richard bersantai di tepi kolam berenang. (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

Kebutuhan ruang di rumah Levina cukup besar. Sebab, rumah di kawasan Surabaya Timur itu dihuni keluarganya. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, rumah dirancang memiliki tiga lantai, plus basement. ”Luas tanahnya sendiri 375 meter persegi. Tapi, luas bangunannya total nyaris seribu (meter persegi),” lanjutnya.

Pembagian lantai itu bak pendelegasian tugas. Tiap tingkatan mewakili fungsi berbeda. Mulai area servis, publik, hingga pribadi. Ketiga lantai memiliki benang merah. Selalu ada ruang untuk berkumpul. Masing-masing punya ciri khas. Di lantai satu, living room bernuansa putih. Di lantai dua, area tersebut dibuat di pojok dekat tangga.

DESAIN ELEGAN: Dinding kaca di samping ruang makan memberikan view yang segar sekaligus cahaya alami. (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

”Lantainya tetap granit, tapi hitam. Biar beda,” kata Levina. Perempuan yang tengah menunggu kelahiran anak pertamanya itu menjelaskan, lantai 3 dikhususkan untuk event kecil-kecilan. Misalnya, olahraga bersama atau BBQ party. Sebab, areanya meliputi minibar yang tersambung ke rooftop.

Sekilas, rumah Levina tampak sama luas dengan tetangganya. Namun, bagian dalamnya komplet. Kebutuhan ruang terpenuhi dan mampu menampung keluarga serta sahabat yang berkunjung. ”Ruangannya banyak, tapi tetap ’lega’ dan enggak sumpek,” lanjutnya. Dan yang terpenting, tetap chic and clean.

DESAIN ELEGAN: Dinding kaca di samping ruang makan memberikan view yang segar sekaligus cahaya alami. (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c13/nor




Close Ads