alexametrics

Dekorasi Maksimal Sambut Natal

19 Desember 2019, 19:44:13 WIB

JawaPos.com – Ho ho ho… Natal sudah dekat. Selain menyiapkan kado dan hidangan istimewa, rumah harus dibuat seindah-indahnya untuk menyambut keluarga. Mendekorasi rumah dengan tema Natal itu menyenangkan, tapi susah-susah gampang dan cukup ribet. Terutama jika Anda menjadi tuan rumah makan malam bersama keluarga besar. Semua perlu persiapan hingga ke detail jika ingin lebih memukau. Berikut panduan untuk memberikan sentuhan magic christmas di dalam rumah Anda.

LETAKKAN DENGAN TEPAT

Tempatkan pohon Natal di spot yang sering dilalui orang di rumah. Pastikan juga pohon tersebut tidak menghalangi sumber cahaya alami. Untuk menghiasnya, mulai dengan melilitkan lampu mengelilingi pohon. ’’Lampu-lampu itu dililitkan dari atas ke bawah, melintasi ranting, ke belakang sehingga Anda bisa mendapat banyak layer,’’ kata Helene Webb dari jasa penghias pohon Natal profesional Cardinal Christmas Decorating, sebagaimana dilansir dari Telegraph. Agar lebih stylish, jangan terlalu main banyak warna. Paling mudah pilih warna seperti merah, emas, biru, silver, atau putih.

TIDAK HARUS POHON

SUPAYA WANGI: Setelah dekorasi ruang tertata apik, tambahkan lilin aromaterapi di beberapa sudut rumah supaya baunya harum. Lilin-lilin tersebut juga bisa berfungsi sebagia pernik. (John Lewis & partners via Real Home)

Jika bosan menempatkan pohon Natal yang dekorasinya sama dari tahun ke tahun atau tidak memiliki bujet untuk membeli yang baru, tidak masalah. Gunakan saja potongan ranting pohon, misalnya olive branch atau pinus. Kemudian ikat di tangga atau ujung meja sebagai elemen dekoratif. Susun sedemikian rupa dan padukan dengan lampu hias atau aksesori pohon Natal pada umumnya. Untuk tangga, Anda juga bisa menambahkan lilin hias dan beberapa aksesori kecil. Alternatif lain, bisa menggunakan sisa karangan bunga artifisial.

SMELLS GOOD

(Rachel Smith via Real Home)

Ada satu hal penting yang kerap terlewat. Yakni, wewangian. Dekorasi yang indah terasa kurang jika rumah masih beraroma tidak sedap. Tempatkan lilin aromaterapi di beberapa sudut rumah. Misalnya di ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar. Selain lilin, Anda bisa gunakan diffuser atau reed diffuser yang tampilannya lebih elegan dibanding lilin.

ATUR DAPUR

(Curate Interior)

Luangkan waktu setidaknya satu jam sebelum hari-H untuk membersihkan kulkas, rak, dan lemari di dapur. Hanya letakkan bahan makanan yang bakal dimasak untuk Natal. Biarkan dapur Anda bersih, terutama jika memasak sendiri. Buat ambience dapur lebih bernuansa dengan elemen khas. Misalnya, wreath, lampu hias, atau bahkan kain merah-putih kotak-kotak.

TABLE SETTING

(IDREAMOFMEMAKIN VIA CURATE INTERIOR)

Untuk meja makan, hias sebagus-bagusnya. Tidak harus mahal. Anda bisa menggunakan peralatan makan yang sudah ada, termasuk napkin. Buatlah centrepiece. Bisa berupa bunga asli atau artifisial, atau bahkan lilin yang indah. Warna merah, hijau, dan emas adalah warna aman untuk Natal. Tapi, Anda juga bisa memadukannya dengan silver, putih, biru, dan bahkan hitam. Bila perlu, atur juga di mana tamu harus duduk.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Real Homes/House Beautiful/Apartment Therapy/adn/c25/jan


Close Ads