alexametrics

Sejukkan Rumah dengan Taman Melayang

Inset House, Tantangan Rumah Hadap Barat
18 Oktober 2020, 16:29:13 WIB

Hunian menghadap barat bukan favorit banyak orang. Sisi itu mendapat paparan sinar matahari yang kuat saat siang maupun sore. Namun, desain yang dimiliki Inset House mampu menaklukkan kondisi tersebut.

RUMAH di kawasan Jatibening, Bekasi, ini mencuri perhatian. Tim Delution Architect menempatkan sebuah taman di lantai 2. Namun, dari depan, rumah tak terlihat seperti berlantai dua sehingga taman itu tampak melayang. ”Karena itulah, disebut Taman Melayang,” kata arsitek Indira Pramundita dari Delution Architect.

Taman Melayang juga membuat rumah seolah terpotong antara bagian atas dan bawah. Desain tersebut diterapkan untuk menghindari rumah dari terik matahari. Tim Delution Architect mengimplementasikan fasad miring berkayu yang mampu menetralkan panas. Dibuat dengan material khusus, yakni kayu bangkirai dengan finishing salak brown.

Taman Melayang juga difungsikan sebagai mahkota agar beberapa ruangan di lantai bawah terhalau dari panasnya sinar matahari.

Indira Pramundita menuturkan, Taman Melayang mampu memperindah rumah sekaligus memberikan rasa sejuk. Dia menyebutkan bahwa material utama rumah adalah beton bertulang. Termasuk digunakan dalam konstruksi Taman Melayang. Memakai pot beton bertulang berukuran 1,2 x 1,2 meter. Kemudian, diisi tanah merah dengan beberapa layer filtrasi supaya tidak tersumbat di dasar pot.

Konstruksi bangunan lainnya menggunakan material pada umumnya. Yaitu, bata, plester, aci, lalu finishing cat putih. ”Material lantai didominasi keramik dan vinil tekstur kayu,” jelas Indira.

Ada dua warna yang mendominasi Inset House. Yakni, putih dan cokelat. Dua warna tersebut diklaim Indira bisa memanjakan mata siapa pun yang melihatnya. Juga, memberi kesan bersih dan luas sesuai dengan permintaan pemilik rumah. ”Pemilik ingin rumahnya itu terasa luas dan tidak terimpit dinding. Makanya, pakai warna cerah dan minim sekat,” tandas Indira.

HIGHLIGHTS

TAMAN MELAYANG

(FERNANDO GOMULYA FOR JAWA POS)

Taman ini berada di lantai 2 rumah dan bisa diakses dari tiga ruangan. Yaitu, kamar utama, kamar anak, serta lorong yang berhadapan langsung dengan tangga.

AREA BERSAMA

(FERNANDO GOMULYA FOR JAWA POS)

Dapur, meja makan, dan ruang keluarga di lantai 1 didesain terbuka agar terkesan luas. Tiga ruangan tersebut juga langsung terhubung dengan taman samping rumah. Berguna untuk melengkapi sirkulasi udara dan matahari pada area ini.

FURNITUR MULTIFUNGSI

(FERNANDO GOMULYA FOR JAWA POS)

Kolong tangga yang biasanya fungsinya terabaikan dimanfaatkan sebagai storage. Di bawahnya ada furnitur multifungsi yang bisa dijadikan tempat tidur maupun sofa.

TENTANG INSET HOUSE

  • Arsitek: Delution Architect
  • Arsitek desain: Muhammad Egha, Hezby Ryandi, Fahmy Desrizal, Indira Pramundita, Naufal Ryandi
  • Lokasi: Jatibening, Bekasi
  • Luas tanah: 150 m²
  • Luas bangunan: 210 m²
  • Lama pengerjaan: 12 bulan

Editor : Ilham Safutra

Reporter : shf/c14/ayi




Close Ads