alexametrics

Elemen Bohemian Klop dengan Tanaman di Rumah Jendela Merah

18 Januari 2021, 07:21:41 WIB

Rumah Jendela Merah. Begitu sang empunya rumah menyebutnya. Dua jendela depan yang terbuat dari kayu ulin bercat merah menjadi ikon. Berpadu apik dengan hijaunya tanaman.

SEJUMLAH kota di luar negeri menjadi inspirasi Fardani Annisa Damastuti ketika mendesain hunian yang berlokasi di Surabaya Selatan ini. Momen melihat keindahan berbagai negara di dunia membuatnya terkesan. Muncullah ide untuk mengabadikan view-nya di tempat tinggalnya kelak. ”Tujuannya, kesan indahnya bisa dinikmati terus,” kata perempuan yang akrab disapa Anki tersebut.

Karena dia ingin mengabadikan bermacam gaya, sebagian sudut hunian itu memiliki desain yang senada dan sebagian lagi berbeda. Misalnya, area carport yang terinspirasi dari rumah-rumah di Mykonos, Yunani. Mulai pintu, jendela, sampai tembok. Namun, Anki memilih warna merah, bukan biru seperti di Mykonos yang asli. ”Karena merah warna favorit,” ujar ibu dua anak tersebut.

(PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Teras rumah mendapatkan sentuhan industrial. Dinding semen sengaja dibiarkan tanpa finishing. Plat enamel memenuhi dinding. Bagi Anki, itulah salah satu sudut favoritnya. Ruangan tersebut menjadi andalannya saat menerima tamu pada masa pandemi ini. ”Karena outdoor dan posisinya di luar. Jadi, tetap aman, tapi nyaman meski tamu tidak masuk ke rumah,” papar dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tersebut.

Masuk ke dalam, nuansa bohemian terasa di beberapa ruangan. Salah satunya, sudut baca dengan dominasi warna biru laut yang kerap dijadikan objek foto oleh Anki. Dalam konsep boho, perabot yang digunakan kebanyakan rendah ke lantai. Misalnya, lantai dialasi karpet serta bantal-bantal lucu. Pernak-pernik dipilih dalam perpaduan warna nan meriah. Sehingga didapat kesan santai tapi playful. Makrame, wallpaper, karpet, laci, dan lemari mempertajam desain boho. Di samping kanan-kiri diletakkan monstera deliciosa pada pot-pot rotan.

(PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

”Sedari awal memang pengin agak ramai biar eye-catching kayak studio foto,” ungkap Anki yang berkolaborasi dengan sang papa, Prof Dr Achmad Fuad Hafid MSApt. Desain ala boho itu tidak hanya terlihat di sudut baca, tetapi juga pada ruangan lainnya. Misalnya, pada area tangga dan ruang TV di lantai 2. Dia menggantung makrame yang telah dirangkai pada dinding-dindingnya. Sofa biru dipadu selimut merah full motif yang meriah. Sebagian pernak-pernik merupakan kreasi do-it-yourself.

Untuk ruang tidur, Anki sengaja membedakan desain untuk anak-anak dan kamar pribadinya. Misalnya, kamar anak laki-lakinya dengan seprai kotak-kotak berwarna putih. ”Itu untuk kesan bersih dan rapi,” tuturnya. Kamarnya didesain minimalis dengan sudut ruang kerja yang ditambahkan di pojok atas.

(PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Tanaman menjadi hal yang tampak dominan pada hunian ini. Anki mengungkapkan bahwa gardening melekat dalam dirinya sejak masih bersekolah. Karena itu, dia mengusahakan ada tanaman seperti monstera atau kaktus di setiap sudut rumah. Pada ruang terbuka di lantai 2, disediakan tempat khusus untuk koleksi tanamannya.


 

  • Desain: Fardani Annisa Damastuti & Achmad Fuad Hafid
  • Luas Tanah: 170 meter persegi
  • Luas Bangunan: 220 meter persegi
  • Lokasi: Surabaya Selatan

Editor : Ilham Safutra

Reporter : nas/c14/nor




Close Ads