alexametrics

Lantai Semen Ekspos Tambah Nilai Estetis

17 Januari 2022, 09:02:52 WIB

Vinil, kayu, marmer, dan granit merupakan material yang umum ditemukan pada rumah-rumah modern. Untuk project Rumah Tengah, founder STUDIE Architecture & Interior Design Studio Ivan Eldo ingin memberikan sentuhan berbeda dengan menggunakan semen aci sebagai lantai.

MENURUT Ivan, ide dibuatnya lantai semen itu awalnya bertujuan menekan bujet. Material semen dinilai lebih affordable daripada marmer atau material lainnya. Dia menjelaskan bahwa semen aci kadang memiliki kelemahan mudah retak. Terutama jika tertimpa benda berat. Namun, kondisi tersebut hanya akan terjadi jika teknik pembuatannya kurang maksimal. Untuk project ini, Ivan menjamin lantai semen itu kuat.

’’Kita ambil contoh parkiran basemen di mal-mal. Meski pakai semen ekspos, tetap sangat kuat,’’ katanya kepada Jawa Pos pada Kamis (13/1). Semen aci Rumah Tengah dibiarkan terekspos tanpa ditutupi cat. Jadi, warna abu-abunya menciptakan sedikit kesan industrial pada rumah. Bukan hanya itu, semen aci juga memiliki tekstur abstrak alami yang unik.

(STUDIE UNTUK JAWA POS)

Kesan mewah dimunculkan lewat coating glossy yang membuat lantai tersebut seolah memantul seperti granit atau marmer. Warna dan motif natural itu tampak serasi dengan dominasi warna putih pada area interior dan fasad rumah.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c14/nor

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads