alexametrics
MP House

Atap Pelana Asimetris Tambah Nilai Estetis

15 November 2021, 10:37:20 WIB

Indonesia memiliki beberapa jenis atap yang banyak diaplikasikan untuk hunian. Salah satunya, atap pelana. Di tangan TIES Design and Build, visual atap pelana disulap lebih berkesan modern dan estetis dengan bentuk asimetris.

—-

ATAP pelana dipilih karena Tritya Prasna Dipanakara dan Sansan selaku principal architect merasa jenis atap tersebut lebih mudah dieksplor. Selain itu, bentuk atap tersebut mampu meminimalkan curah hujan yang masuk dan tidak menimbulkan kebocoran. Proyek yang berlokasi di Tangerang, Banten, itu memilih mengambil angle atap dari samping untuk ditampilkan pada bagian fasadnya.

Agar tidak monoton dan terkesan modern, atap pelana dirombak menjadi tidak hanya berbentuk segitiga biasa, tetapi juga dibuat asimetris. Rupanya, hal itu tidak hanya memengaruhi nilai estetis bangunan tersebut, tapi juga segi fungsional pada interior MP House. ’’Dengan atap asimetris itu, di salah satu sisinya punya tambahan space untuk tempat laundry,’’ kata Sansan kepada Jawa Pos Rabu (10/11).

Sansan menambahkan, mereka ingin mengejar pengalaman ruang yang berbeda. Tepat di bawah atap asimetris tersebut adalah ruang keluarga yang menjadi satu dengan pantry dan ruang makan. Ruangan tersebut dibuat terbuka tanpa sekat. Di salah satu sisi tembok yang tinggi terdapat jendela besar yang menghadap ke langit. Ketika memasuki ruang keluarga, yang pertama terlihat adalah jendela tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c12/nor




Close Ads