alexametrics

Perbanyak Furnitur Compact untuk Maksimalkan Ruangan

15 Agustus 2021, 17:29:32 WIB

Fungsi dan detail adalah dua hal yang menjadi concern utama Ayusarita Satariani dalam menata rumahnya di kawasan Jakarta Barat. Tidak heran jika rumah seluas 120 meter persegi itu dipenuhi dengan furnitur compact yang multifungsi.

RIRIE –sapaan Ayusarita– menyadari bahwa huniannya tidak bisa diutak-atik dari segi arsitektur karena ketentuan developer perumahan. Sebagai gantinya, dia banyak bermain di interior. Menggandeng Monlou Design Studio sebagai desainer interior, Riri mencoba untuk mengakali agar rumah itu memiliki fungsi semaksimal mungkin dengan keterbatasan ruangan.

Salah satu caranya adalah memilih furnitur yang mencakup beragam fungsi sekaligus. Misalnya, kabinet TV di kamar tidur utama. Kamar itu hanya berukuran 3,5 x 5,5 meter. Namun, Ririe ingin memiliki walk in closet sekaligus space untuk merias diri. Karena itu, dibuatlah sebuah kabinet TV dengan sistem lift. TV bisa dimunculkan ke atas jika ingin digunakan, lalu disembunyikan ke dalam kabinet jika tidak sedang digunakan.

Kabinet itulah yang juga menjadi partisi antara walk in closet dan area tidur. Plus, bagian di dalamnya bisa sekaligus menjadi tempat persembunyian kabel-kabel dan ruang penyimpanan barang. ’’Jadi lebih ringkas dan terkesan lebih lega,’’ kata Ririe kepada Jawa Pos Kamis (5/8) lalu. Di kamar utama itu pun, Ririe sebisanya menempatkan banyak storage. ’’Misalnya, lemari yang di-full-in sampai ke langit-langit supaya muat banyak,’’ katanya.

MULTIFUNGSI: Meja makan yang bisa digunakan untuk empat orang. Jika sedang tidak digunakan, meja itu bisa dilipat menjadi console table yang lebih ringkas sehingga ruangan lebih luas. (AYU SARITA SATARIANI FOR JAWA POS)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c7/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads