alexametrics

Kamar Mandi, Pastikan Aman dan Higienis

14 September 2020, 07:06:45 WIB

Penataan kamar mandi tak boleh diabaikan walau sering kali ”kalah” dengan living room, kamar tidur, atau dapur. Kamar mandi harus bersih dan higienis.

DULU, kamar mandi atau toilet identik dengan letaknya yang ada di belakang rumah. Kini tak lagi seperti itu. Banyak perubahan, mulai ukuran, desain, hingga konsep. ”Namun, apa pun pilihannya, kamar mandi harus sehat dan higienis. Sehingga, penggunanya selalu nyaman,” ucap desainer interior Eric Wibowo.

Dia menjelaskan, kamar mandi higienis harus kering. Tidak ada air menggenang. ”Akses udara dan cahaya serta saluran air harus baik agar kelembapan di kamar mandi terjaga. Sehingga, ruangan tetap sehat,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, dengan tingkat kelembapan yang relatif tinggi, pemilik rumah perlu melakukan persiapan ekstra untuk kamar mandi. ”Lantai dan dinding wajib dilapisi antibocor. Jadi, tidak ada kebocoran dari dan ke luar kamar mandi,” tegasnya.

Desainer interior yang bermukim di Surabaya itu memaparkan, tidak semua rumah memiliki area kamar mandi yang memungkinkan adanya ventilasi dan bukaan ke luar. Banyak toilet yang diapit ruangan lain karena keterbatasan ruang.

AKSES UDARA DAN CAHAYA: Kamar mandi yang dilengkapi ventilasi dan bukaan ke luar menghasilkan ruangan yang lebih sehat. (Eric Wibowo for Jawa Pos)

Pencahayaan bisa diakali dengan penggunaan lampu yang cukup terang. Lalu, pertukaran udara bisa dibantu kipas pengisap udara. ”Perlu disiapkan ruangan untuk ducting, dengan buangan mengarah ke luar rumah,” ungkap Eric. Dengan begitu, kamar mandi tak sampai ”mencemari” ruangan lain.

Eric mengingatkan, desain ruangan wajib aman dan ”ramah” bagi penggunanya. Eric menjelaskan, lantai kamar mandi –terutama yang memiliki bak air atau bathtub– amat rawan licin. Dengan demikian, material lantai idealnya dipilih yang bertekstur lebih kasar.

”Atau, bisa diakali juga dengan memasang floor mat karet sehingga saat mandi aman dari terpeleset,” imbuhnya. Sisi keamanan juga perlu didukung dengan instalasi listrik serta gas (untuk pemanas air) yang baik. Eric menilai, kamar mandi tidak terlalu membutuhkan stop kontak. Switch lampu pun umumnya hanya ada satu-dua titik saklar.

Sementara itu, untuk gas water heater, area wajib memiliki ventilasi baik. ”Yang penting, aman, nyaman, dan sehat,” tegasnya.

AKSES UDARA DAN CAHAYA: Kamar mandi yang dilengkapi ventilasi dan bukaan ke luar menghasilkan ruangan yang lebih sehat. (Eric Wibowo for Jawa Pos)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c13/nor




Close Ads