alexametrics

Rumah Tropis dengan Gaya Unfinished

Kombinasi Vent Block dan Bata Ekspos
14 Maret 2021, 22:07:07 WIB

Memanfaatkan iklim tropis dengan cahaya matahari dan angin yang berlimpah, ETH House mengaplikasikan material yang memungkinkan rumah tetap leluasa ”bernapas”. Vent block dan bata ekspos mendominasi wajah bangunan.

PENGGUNAAN vent block atau roster tersebut punya fungsi dobel. Udara dengan leluasa melewati lubang-lubangnya sekaligus tetap memberikan privasi bagi penghuni. ”Roster ini ibarat kulit kedua fasad. Dari dalam masih mendapat view luar, angin pun bebas mengalir,” papar Wiyoga Nurdiansyah.

Principal Wiyoga Nurdiansyah Architects tersebut melanjutkan, poin berikutnya adalah bagaimana agar ”kulit kedua” itu tetap estetis. Tidak sekedar dipasang begitu saja, tapi diputar sekian derajat agar look-nya berbeda ketika dilihat dari sisi yang berbeda pula.

ETH House terdiri atas dua massa bangunan yang ”terpisah”. Rumah utama berada di sisi kiri, di kanannya area servis dan ruang asisten. Masing-masing punya privasi. Hal itu membawa kenangan ke era arsitektur rumah-rumah Belanda zaman dulu dengan paviliun yang terpisah.

PRIVASI TERJAGA, SIRKULASI: Rumah ini menggunakan banyak material ekspos. Mulai roster, bata, hingga dinding semen. (Wiyoga Nurdiansyah for Jawa Pos)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c7/nor




Close Ads