alexametrics

Interior Gaya Klasik Prancis, Tangga dan Perapian Jadi Focal Point

13 Desember 2020, 19:33:29 WIB

Klasik sering terkesan berat. Namun, desain klasik juga timeless dan artistik. Daya pikat tersebut yang membuat Amelia Salim jatuh hati. Entrepreneur dan influencer itu menuangkannya dalam interior bergaya classical French.

RUMAH impian tersebut dibangunnya di kawasan CitraLand, Surabaya. Inspirasinya datang ketika Amelia berkunjung ke Hollywood, AS. ”Waktu itu lihat mansion seperti ini. Saya ngomong sama suami, suatu hari pasti saya akan bangun rumah seperti ini,” kenangnya.

Classical French dipilih karena desain klasik khas negara tersebut, menurut dia, yang paling timeless. ”Selain itu, kesan elegannya lebih kuat,” tuturnya. Amelia tidak menggunakan banyak warna untuk huniannya.

Hitam, putih, dan silver mendominasi interior. Sentuhan warna gold ditambahkannya untuk detail pada pagar serta tangga. ”Gorden, marmer, dan wallpaper mostly pakai warna-warna itu. Karena saya penginnya seperti white house yang bersih,” ungkap ibu empat anak tersebut.

Amelia in charge langsung dalam mendesain interior rumah impiannya itu. Ide dari imajinasinya tersebut kemudian dibantu interior desainer dari Prancis. ”Mereka kasih saran dan mencarikan barang-barang yang sesuai,” imbuhnya.

Di area ruang tamu, misalnya. Yang menjadi focal point adalah fireplace atau perapian yang diapit dua kursi klasik dalam nuansa hitam dan silver. Lampu dinding pada wall moulding memberikan pencahayaan yang membuat ambience ruangan terasa romantis.

Pemilihan dining table dan classic French armchairs pada ruang makan dipercantik chandelier. (GUSLAN GUMILANG/JAWA POS)

”Biar semirip mungkin dengan interior rumah-rumah klasik di Prancis. Ini carinya dibantu sama desainer interiornya,” imbuhnya. Karena sudah menentukan untuk mendesain dengan gaya classical French, Amelia tidak ingin ada dekorasi yang keluar dari konsep klasik.

Tangga besar yang melingkar di samping ruang makan juga jadi pusat perhatian. Detail ornamen ukiran pada railing tangga menguatkan aroma klasik pada interior. Perpaduan warna hitam dengan aksen emas dan putih pada anak tangga berkesan megah.

Ambience romantis juga terasa pada area makan. Amelia memilih dining table serta classic French armchairs dalam tone putih dan silver. Pencahayaan dari chandelier dan lampu dinding mempercantik ruangan.

Untuk kamar tidur, istri Danny Indarto tersebut tetap mengusung gaya klasik. ”Kadang ada yang konsepnya klasik, tapi ruangan tertentu dikasih minimalis. Kalau saya, maunya senada semua,” ujarnya. Ornamen-ornamen seperti guci dan tanaman bonsai yang oriental dari rumah lamanya pun harus ”disisihkan”. ”Di rumah yang dulu, ada guci besar yang didatangkan dari Tiongkok. Tapi, karena desain rumah ini klasik, jadi ya nggak bisa dimasukkan ke konsep ini,” paparnya. Menurut dia, konsistensi dalam menata interior hunian itu sangat penting agar harmoni ruangan terjaga.


CLASSICAL FRENCH ALA AMELIA

(GUSLAN GUMILANG/JAWA POS)

TIGA WARNA UTAMA

Pemilihan warna putih, hitam, dan silver mengimbangi kesan ”berat” dalam gaya klasik. Mulai dinding, lantai, hingga detail pengisi ruangan. Sentuhan keemasan membuat ruangan tampak lebih ”hidup”. Hasilnya, rumah terkesan bersih, mewah, dan elegan.

FOYER

Aroma klasik terpancar sejak memasuki pintu utama. Cermin klasik menyambut area foyer. Area tersebut mengaplikasikan lantai motif checkerboard serta wallpaper klasik.

DEKORASI

Ornamen dekoratif dipilih yang bergaya klasik agar tetap sesuai dengan tema. Bukan hanya fireplace, melainkan juga chandelier, side table, dan pernik-pernik.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ama/c12/nor


Close Ads