alexametrics

A 121 House: Semua Kebutuhan Ada di Satu Lantai

13 Maret 2022, 20:56:47 WIB

Rumah semestinya accessible untuk setiap penghuninya. Tidak terkecuali orang lanjut usia yang tentu memiliki kebutuhan berbeda dengan orang-orang muda. A 121 House rancangan Erwin Kusuma dan Regina Winarni dari e.Re Studio Architects bisa menjadi contoh sempurna untuk kebutuhan tersebut.

DIBANGUN di lahan seluas 300 meter persegi di Bandung, Jawa Barat, rumah tersebut dihuni sepasang lansia berusia sekitar 70 tahun. Mereka hanya ingin beristirahat sambil sesekali menikmati waktu dengan cucu-cucu di masa tuanya. Karena itu, dibangun rumah yang praktis. Hal pertama yang dipikirkan Erwin dan Regina, rumah itu harus bisa mencakup semua kebutuhan dengan hanya satu lantai.

A 121 House memang terdiri atas dua lantai. Namun, hampir semua kegiatan dilakukan di lantai 1. Setelah melalui carport dan area entrance, terdapat ruang keluarga, kamar mandi, dapur, hingga kamar tidur.

Tiap ruangan dibuat dekat satu sama lain. ’’Misalnya, living room yang bisa dibilang langsung terhubung dengan dining room dan kitchen, juga dekat dengan kamar. Jadi, kalau malam sudah lelah nonton TV dan ingin tidur, pindah ke kamar dekat,’’ kata Regina kepada Jawa Pos Kamis (10/3) lalu.

Meski layout-nya intim, rumah itu tidak terasa sempit, tapi juga tidak terlalu luas sehingga melelahkan bagi penghuninya. Hal itu berkat pengaturan sirkulasi udara yang sangat baik. Desainnya memungkinkan penetrasi cahaya alami yang maksimal ke dalam rumah dari arah timur saat pagi. Cross ventilation juga membantu menurunkan suhu ruangan di siang hari menjadi lebih nyaman, yaitu 24–25 derajat Celsius.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c18/nor

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads