alexametrics

Monokrom dalam Konsep Tropis Minimalis di Al-House

10 Mei 2021, 03:29:30 WIB

Menghadirkan hunian compact yang nyaman serta mampu memenuhi setiap kebutuhan penghuninya, KAMITATA Studio merancang dan membangun AL-HOUSE. Pemilihan warna monokrom dan kayu menghasilkan perpaduan yang humble untuk rumah di salah satu sudut Kota Bandung.

AL-HOUSE dibangun dengan pendekatan desain yang menitikberatkan tampilan sederhana, modern, dan unik. Wujud pendekatan tersebut langsung tampak dari bentuk fasad berbentuk segitiga dengan atap asimetris. ”Desain itu juga berupaya menjawab keinginan owner terkait keamanan dan privasi yang menjadi syarat utama,” ungkap Lilian Setiawan, principal architects KAMITATA Studio kepada Jawa Pos.

Untuk itu, fasad AL-HOUSE dibuat tertutup, tetapi tetap memperhatikan bukaan dari bagian depan rumah. ”Agar menjadi konsep yang menarik untuk menciptakan bangunan dengan orientasi ke dalam,” imbuh Lilian. Owner rumah memang tidak terlalu suka dengan desain yang ”ramai” dengan beragam warna. Proses diskusi dengan owner mendorong Lilian bersama rekannya, M. Diaz Adiyudha, untuk berusaha membuat rumah yang dihuni keluarga kecil itu sesederhana mungkin.

Kesederhanaan itu, salah satunya, mereka aplikasikan melalui pemilihan earth tone material. ”Yaitu, penggunaan material kayu dan pemilihan warna abu putih atau monokrom,” imbuhnya. Pilihan tersebut menguatkan karakter AL-HOUSE. Pemilihan kelir monokrom pada bagian dalam serta luar rumah tersebut dipadukan dengan material kayu merbau dan kamper Samarinda di bagian atap, lantai, dan pintu.

(KAMITATA Studio)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/c12/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads