alexametrics

Rumah Sela, Keseimbangan Solid dan Void

9 Agustus 2021, 07:16:58 WIB

Dinamakan Rumah Sela karena memiliki ruang antara yang fleksibel. Memberikan pengalaman transisi gelap dan terang serta proporsi tinggi dan rendah yang mengalir dengan seimbang.

KESEIMBANGAN itu sudah terlihat pada fasad. Massa yang ditumpuk sederhana, permainan solid dan void, serta elemen semen ekspos dan screen batu bata yang menjadikan tampak rumah amat menarik mata.

Project karya ArMS itu mendapatkan awards Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta 2020 dalam kategori rumah sedang. ArMS merupakan singkatan dari Arsitek Muhammad Sagitha. Kesederhanaan bentuk, pemilihan material yang kukuh, dan ketelitian dalam pengerjaan menjadi kunci. Untuk mendapatkan bentuk simpel, diperlukan effort yang lebih dalam perhitungan struktur dan menjaga dimensinya sesuai dengan desain yang diharapkan.

Sagitha menjelaskan, material screen batu bata memiliki fungsi dalam penetrasi angin menuju ruang-ruang di baliknya. ’’Pengaturan ruang solid dan void memungkinkan sirkulasi angin dapat melewati seluruh ruangan dengan baik,’’ paparnya. Perpaduan elemen industrial, minimalis, dan tropis tercakup dalam desain rumah tersebut.

Sebagai gambaran, ketika memasuki Rumah Sela, tamu akan disambut koridor dengan plafon setinggi dua lantai. Lalu, menuju area foyer dengan ceiling yang lebih rendah. Berlanjut ke ruang keluarga yang luas dengan void tinggi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c18/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads