Box Laser-Cut Ciptakan Efek Lukisan “Bergerak”

7 November 2021, 19:19:08 WIB

Pemandangan lapangan golf yang terhampar di depan rumah menjadi privilese tersendiri. Namun, sang pemilik ingin privasinya tetap terjaga. Arsitek Gerard Tambunan punya cara untuk mengakomodasi dua hal itu sekaligus.

PEMILIK rumah megah tiga lantai itu berasal dari Arab Saudi. Lanskap lapangan golf mengingatkannya pada padang pasir di kampung halaman, namun dengan versi hijau dan sejuk. Menurut Gerard, si pemilik sangat menyukai iklim Indonesia dan cuaca di Bogor yang sering hujan. Itulah mengapa dibuat rumah dengan fasad berbentuk box yang didominasi material aluminium laser-cut.

Box laser-cut besar itu seolah mengambang di atas bangunan kaca. Dari dalam rumah, pemandangan lapangan golf yang indah bisa terlihat. Udara dan sinar matahari pun bisa menembus, seolah menipiskan batas antara indoor dan outdoor. ’’Namun, orang di luar rumah tidak akan bisa melihat bagian dalamnya,’’ kata Gerard kepada Jawa Pos, Kamis (4/11).

Material aluminium dipilih karena menghantarkan panas lebih rendah daripada besi. Hal itu penting agar panas dari sinar matahari tidak menembus ke dalam dan membuat bagian dalam rumah terasa panas. ’’Aluminium juga tidak berkarat, sehingga bisa long-lasting, terlebih di Bogor yang lembap,’’ terangnya.

Motif geometri semakin memperindah fasad tersebut. ’’Pemiliknya hanya berpesan bahwa dia tidak ingin motif ala Timur Tengah dan lebih suka nilai-nilai modern, jadi dibuat geometri saja,’’ ujarnya. Lubang-lubang geometri itu menciptakan bayangan dan efek cahaya yang indah saat siang di hampir seluruh area rumah.

Air hujan yang menembusnya pun dipecah menjadi fitur air alami yang unik. ’’Kita seperti menikmati lukisan hidup karena cahaya matahari bergerak dari pagi sampai sore. Suasana dan bayangan menjadi berubah-ubah. Itu jadi value hidup,’’ papar principal architect GeTs Architects tersebut.

(Foto: GeTs Architects)

Suasana fresh di dalam rumah bertambah berkat outdoor oasis seluas 1.150 meter persegi. Berupa kolam dangkal dengan dasar batuan koral, dikelilingi dek kayu, dan bagian atasnya ditutup pergola aluminium laser-cut.

Outdoor oasis itu mengelilingi lantai 1 yang dibuat untuk menggantikan taman kering. Air yang memantulkan langit dan pepohonan menciptakan keindahan dan healing tersendiri. ’’Karena pemilik menyukai elemen air dan outdoor oasis ini menyejukkan suasana di dalam rumah,’’ ucap Gerard.

Tepi outdoor oasis itu bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga besar. Ada juga spot khusus di lantai 3 yang bisa digunakan sebagai beranda untuk mengintip lantai di bawahnya. Itu dibuat agar pemilik bisa berinteraksi secara vertikal dengan lantai pertama tanpa harus bergabung dengan kerumunan.

GolfFN House

(Denah: GeTs Architects)

  • Arsitek: Gerard Tambunan (GeTs Architects)
  • Luas tanah: 545 meter persegi
  • Luas bangunan: 880 meter persegi
  • Lama pengerjaan: 20 bulan
  • Lokasi: Bogor, Jawa Barat

HIGHLIGHTS

  • INTERIOR MASKULIN
(Foto: GeTs Architects)

Elemen modern elegan diterapkan pada interior. Secara keseluruhan, tone warna yang dipilih menciptakan kesan maskulin. Yakni, hitam yang diaplikasikan lewat dinding marmer, cokelat melalui kayu ulin, dan nuansa warm nude.

  • POHON DI TENGAH OASIS
(Foto: GeTs Architects)

Pemilik menyukai tanaman buah tropis khas Indonesia. Itulah mengapa ada pohon mangga dan durian di rumah tersebut. Uniknya, dua pohon itu ditanam di tengah outdoor oasis. Tentunya dengan konstruksi khusus.

  • RAMP
(Foto: GeTs Architects)

Rumah ini memiliki banyak ramp. Salah satunya dari pintu utama menuju ke dalam. Sisi kanan dan kiri ramp itu dipercantik dengan tanaman hias. Hal itu mempermudah akses bagi orang tua.

  • BALKON
(Foto: GeTs Architects)

Panel aluminium laser-cut yang bisa dioperasikan di balkon lantai 3 membuat keterbukaan per ruangan fleksibel, dapat disesuaikan. Balkon itu terletak di kamar tidur utama dan ruang keluarga.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c18/nor

Saksikan video menarik berikut ini: