alexametrics

Bikin Kantor di Bawah Tanah Rumah

5 Juni 2020, 06:38:04 WIB

JawaPos.comWork from home (WFH) mungkin akan lebih menyenangkan jika dilakukan di kantor atau studio rancangan Igor Leal, arsitek asal Brasil. Kantor mini rancangannya tidak tampak dari permukaan tanah. Berukuran 44 m2, kantor itu dibangun di bawah tanah dengan konsep buried yang terpisah dari bangunan utama rumah.

Bagian atap terbuat dari beton yang rata dengan halaman. Bisa dijadikan ruang hijau yang senada dengan halaman tempat kantor itu dibangun. Ia dilengkapi tangga yang menghubungkan permukaan tanah dengan area halaman kantor tersebut. ’’Tujuannya ialah memasang studio kecil di sebidang tanah di depan rumah konvensional tanpa memengaruhi pemandangan fasad utama,’’ kata Leal dalam deskripsi proyek, sebagaimana dilansir dari Apartment Therapy.

(IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY)

Setengah ruangan kantor itu berdinding aluminium dan kaca transparan. Jadi, ruangan di dalamnya bisa mendapat pasokan sinar matahari yang cukup banyak. Sekaligus menciptakan kesan ruangan yang lebih lega. Area halaman juga dilengkapi resapan air untuk menampung air hujan agar tidak menggenang.

Sementara itu, bagian dalamnya cukup lengkap. Ada meja dan kursi untuk meeting, meja kerja yang cukup untuk dua orang, mini pantry dan ruang penyimpanan, serta toilet.

(IGOR LEAL VIA APARTMENT THERAPY)

Leal menuturkan, konsep tersebut dimaksudkan agar klien merasa bekerja di kantor biasa, bukan di rumah. Hal itu diharapkan bisa mendorong produktivitas. ’’Pada akhirnya, klien bekerja di kantor di rumah. Tapi, mereka perlu merasa bahwa mereka meninggalkan rumah seolah bekerja seperti biasa,’’ jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Apartment Therapy/Designboom/adn/c18/jan



Close Ads