alexametrics

Teduhan dan Lantai Carport Jadi Poin Krusial

4 Oktober 2020, 18:39:28 WIB

Keberadaan carport pada hunian adalah kebutuhan esensial bagi pemilik kendaraan. Lantaran lokasinya di area entrance rumah, tidak sedikit yang mendesain carport seapik-apiknya.

DESAINER interior Thomas Ari Kristianto menjelaskan, rancangan carport diutamakan untuk melindungi mobil dari hujan dan paparan sinar matahari. ”Selain itu, desainnya harus aman dan nyaman bagi pemilik rumah,” katanya.

Thomas memaparkan, tidak ada standar yang mengikat untuk emper mobil alias carport. Ukurannya menyesuaikan dimensi mobil. Teduhan menjadi poin krusial. Dia menilai tinggi teduhan bukan masalah. ”Makin tinggi, sirkulasi udara makin lega,” ungkap Thomas.

Pilihan atap bergantung selera si empunya rumah. Bisa dibuat tertutup penuh, bisa dibuat terang. Desainer yang tergabung dalam Griyanggita Rumah Desain itu menegaskan bahwa atap perlu memberikan perlindungan buat mobil. ”Matahari di Indonesia cukup ’jahat’ untuk cat mobil. Paparannya mencapai rata-rata 12 jam sehari,” ujar dia. Alhasil, lapisan cat mudah pudar. Bahkan rusak.

Segi keamanan perlu ditunjang dengan pembuatan lantai yang cermat. Thomas menuturkan bahwa lantai carport idealnya didesain tidak terlalu tinggi. ”Sayangnya, banyak orang yang sengaja meninggikan lantai agar mesin mobil enggak kena banjir,” jelasnya.

Padahal, cara itu tidak efisien. Selama drainase dan saluran pembuangan terawat baik, banjir tidak akan menggenang lama. Lantai carport juga sebaiknya tidak terlalu curam. ”Mobil berisiko menggelinding dan menabrak,” tegas dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut. Komponen mobil pun lekas rusak karena menyangga beban yang tidak rata. Terutama suspensi dan ban.

Di sisi lain, Thomas menilai bahwa pemakaian rem tangan juga kurang baik untuk mobil yang jarang digunakan.

Dia mengungkapkan, carport berpotensi menjadi ruang publik. Thomas mencontohkan, banyak acara seperti arisan atau pertemuan RT yang diadakan di carport. Karena itu, dia beranggapan bahwa tidak ada salahnya area tersebut ditata lebih cantik. ”Apalagi, pada era pandemi seperti sekarang, banyak yang pikir-pikir untuk memasukkan tamu ke rumah. Akan lebih nyaman kalau menerima tamu di luar ruangan,” tutur Thomas.

Cukup tambahkan meja dan kursi yang ringkas. Sirkulasi udara lebih baik. Pemilik rumah juga lebih tenang dan nyaman.


PENUHI FUNGSI DAN ESTETIK: Lantai carport tidak perlu ditinggikan. Rata dengan jalan. (Thomas Ari Kristianto for Jawa Pos)

CHECKLIST PEMBANGUNAN CARPORT

UKURAN

Thomas mencontohkan, carport untuk mobil subcompact memiliki ukuran panjang 3,7–3,8 m dan lebar 1,75 m. Idealnya, carport berukuran 4,1–4,2 x 2 m. Panjang bisa ditambah hingga 5 m jika ada tambahan motor atau sepeda.

KEMIRINGAN

Kemiringan hanya boleh maksimum 5 cm dalam 5 m panjang carport. Fungsinya, mengalirkan air cucian mobil.

MATERIAL LANTAI

Lantai carport harus kuat dan bertekstur. Untuk rumah, gunakan rabat beton lantai minimal 10 cm. Pelapisnya bisa keramik atau granit dengan grade khusus beban berat atau batu ampyang.

TEDUHAN

Pilihan kanopi carport menyesuaikan selera pemilik. Pastikan materialnya mampu menciptakan suasana teduh agar radiasi matahari tidak langsung mengenai mobil.

PAGAR

  • Opsional, menyesuaikan lingkungan rumah. Jika tinggal di perumahan klaster tertutup, carport bisa didesain tanpa pagar. Pastikan pagar tidak memakan banyak tempat saat dibuka tutup.
  • Bagaimana untuk carport yang ditambahkan setelah rumah jadi?
  • Buat struktur carport terpisah dari struktur rumah.
  • Jangan ”sandarkan” atap atau teduhan carport ke struktur rumah.
  • Buat kolom dan fondasi sendiri.
  • Perhitungkan area taman dan bagian depan rumah yang akan dipugar.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fam/c14/nor




Close Ads