alexametrics

Rumah Sisik Batu, Melebur Batas Indoor dan Outdoor

2 Januari 2022, 15:13:35 WIB

Bila merujuk ilmu zoologi, sisik pada beberapa jenis hewan merupakan lapisan terluar yang keras dan berhelai-helai untuk melindungi bagian dalam tubuhnya. Prinsip itu mendasari Muhammad Sagitha membuat ”sisik” pada hunian yang terletak di kawasan Jakarta Selatan ini.

BANGUNAN asli rumah tersebut berdiri sejak tahun ’90-an. Namun, pemilik rumah menginginkan desain yang lebih modern dan penambahan kebutuhan. Alhasil, Sagitha pun mempertahankan struktur asli rumah tersebut, kemudian ”mengulitinya” untuk membuat bukaan-bukaan besar ke arah taman.

Masalahnya adalah dua sisi rumah tersebut menghadap ke arah terbit dan terbenamnya matahari. Sagitha menyodorkan solusi dengan membuat screen yang terbuat dari batu lokal basalto. ’’Awalnya sempat kepikiran kayu, tapi untuk daya tahannya, lebih lama batu. Dan, batu basalto ini secara kekuatan lebih keras dibandingkan batu lokal lainnya,’’ kata Sagitha kepada Jawa Pos Senin (27/12/2021) lalu.

Yang unik adalah bentuk susunan batu basalto tersebut. Lempengan batu basalto dipasang secara vertikal dengan sedikit miring dan agar bertumpuk, persis seperti sisik pada hewan. Karena itulah, Sagitha menyebutnya sisik batu. ’’Rumah yang sehat adalah rumah yang mendapat sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup, sisik batu bertujuan mendapatkan hal tersebut,’’ terang principal architect ArMS tersebut.

MENAMBAH SISI ESTETIS: Sisik batu tidak hanya diterapkan pada fasad, tapi juga interior. Misalnya, dinding ruang keluarga. (ISTIMEWA)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : adn/c13/nor




Close Ads