JawaPos Radar | Iklan Jitu

Aplikasi Ruang Guru Kian Populer hingga Pelosok Daerah

30 Juli 2018, 18:09:13 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Aplikasi Ruang Guru Kian Populer hingga Pelosok Daerah
CPO and Co-Founder Ruang Guru Iman Usman (paling kanan) saat pengumuman kerja sama Ruang Guru dengan Telkomsel Loop di Jakarta, Senin (30/7). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Popularitas Ruang Guru perlahan semakin naik. Hal ini terlihat dari aplikasi Ruang Guru yang terus merangkak naik. Kini platform Bimbingan Belajar (Bimbel) online itu berada di 15 besar aplikasi gratis terpopuler di Google Play Store. Sementara di App Store bertengger di 30 besar.

CPO and Co-Founder Ruang Guru Iman Usman mengatakan, Ruang Guru peringkatnya berhasil melampaui aplikasi lokal lain dari startup sekaliber Unicorn seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Go-Jek. "Boleh dicek, saat ini kami (Ruang Guru) berada di posisi top aplikasi gratis teratas Google Play Store," ujarnya di acara pengumuman kerja sama Ruang Guru dengan Telkomsel Loop di Jakarta, Senin (30/7).

Saat ini, lanjut Iman, aplikasi Ruang Guru sudah memiliki sekitar 9 juta pengguna aktif. "Jumlah tersebut meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan awal tahun 2018 lalu yang baru mencapai sekitar 4 jutaan," ungkap Iman.

Aplikasi Ruang Guru Kian Populer hingga Pelosok Daerah
Ruang Guru jadi salah satu aplikasi terbaik di Google Play Store. (Google)

Sebagai aplikasi e-Learning, Iman menjabarkan, Ruang Guru saat ini menyediakan berbagai konten belajar bagi pelajar di level SD, SMP, dan SMA. Ruang Guru juga memiliki konten bagi para profesional seperti video latihan, belajar, latihan soal, hingga rangkuman pelajaran.

Dia mengklaim bahwa Ruang Guru tumbuh tidak hanya di kota besar saja, tetapi juga di wilayah dan daerah lainnya di luar perkotaan. "Kenapa? Karena penetrasi sinyal internet tumbuh lebih cepat daripada toko buku. Di daerah, akses ke toko buku mungkin terbatas. Guru les juga demikian, kalau ada pun mahal. Makanya akses belajar online mungkin lebih diminati," katanya menjelaskan.

Sekadar informasi, Ruang Guru merupakan aplikasi e-Learning berbayar yang menyediakan berbagai konten pendidikan di dalamnya. Jadi, untuk dapat mengakses layanan belajar dari Ruang Guru diperlukan biaya berlangganan untuk dapat belajar lewat aplikasi tersebut.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up