JawaPos Radar | Iklan Jitu

Saingi Tik Tok, Facebook Kini Punya Aplikasi Lasso

13 November 2018, 08:10:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Facebook Lasso, Facebook Lasso Tik Tok, Lasso Tik Tok
Aplikasi penantang Tik Tok dari Facebook, Lasso. (Mashable)
Share this

JawaPos.com – Raksasa sosial media Facebook kini memiliki aplikasi baru. Peranti lunak bernama Lasso ini tampaknya ditujukan menjadi pesaing Tik Tok.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman BusinessInsider, Senin (12/11), sebagai pesaing, fitur dan desain Lasso hampir identik dengan Tik Tok. Facebook menyebut kepada Business Insider bahwa pengguna dapat memilih dari jutaan lagu dalam katalog lisensinya.

Saking miripnya dengan Tik Tok, sebuah sumber rahasia kepada TechCrunch dalam laporannya mengatakan bahwa ini pada dasarnya adalah TikTok atau Musically. "Ini layar penuh, dibuat untuk remaja, menyenangkan dan lucu serta fokus pada kreasi konten,” jelas sumber rahasia tersebut.

Facebook Lasso, Facebook Lasso Tik Tok, Lasso Tik Tok
Aplikasi berbagi video musik populer, Tik Tok. (SouthChinaMorningPost)

Adapun Lasso meluncur ke publik secara diam-diam sejak Jumat (9/11). Bahkan kemunculan Lasso pun tanpa pernyataan resmi dari perusahaan di situs webnya. Ketika ditanya tentang rilis baru oleh Business Insider, juru bicara Facebook mengatakan bahwa mereka senang dengan potensi aplikasi Lasso. “Kami ingin melihat reaksi dari orang-orang dan para pembuat konten,” ujar juru bicara Facebook.

Lasso sendiri merupakan aplikasi standalone atau aplikasi mandiri. Namun karena dilahirkan Facebook, sudah tentu Lasso dan pengguna dapat masuk menggunakan akun Facebook atau Instagram. Bahkan nantinya disebut akan ada opsi yang memungkikan video Lasso diunggah pula di Facebook Stories atau Instagram Stories.

Rilisnya Lasso oleh Facebook dikatakan menjadi cara perusahaan rintisan Mark Zuckerberg itu menjaring pengguna remaja. Namun, alih-alih ingin menggeser dominiasi Tik Tok yang mengklaim memiliki 500 juta unduhan di seluruh dunia itu, tata letak dan interaksi Lasso disebut masih kalah menyenangkan dari TikTok.

Sekadar informasi, aplikasi ini dikatakan sudah tersedia untuk penggunanya pada platform iOS dan Android. Namun begitu, menurut sebuah laporan, Lasso baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Ketersediaannya untuk pengguna global termasuk Indonesia masih belum diketahui.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up