JawaPos Radar | Iklan Jitu

Banyak yang Belum Tahu, Begini Trik Kirim Foto Resolusi Tinggi di WA

10 Desember 2018, 13:26:01 WIB
WhatsApp Kirim Foto, WhatsApp Foto Resolusi Tinggi, Kirim Foto WhatsApp
Cara mengirim gambar resolusi tinggi di WhatsApp. (Mashable)
Share this

JawaPos.com – Fitur WhatsApp kini semakin banyak dan beragam. Tidak hanya digunakan untuk berkirim pesan singkat, layanan multimedia seperti foto dan video pun bisa dengan mudah ditransfer melalui WhatsApp.

Menariknya, ketika berkirim foto lewat WhatsApp, rupanya masih banyak yang belum tahu cara agar file foto tersebut tidak menyusut ukuran atau size-nya. Sebab, apabila ukuran foto mengecil, hal ini tentu berdampak pada resolusi dan kualitas gambar.

Diketahui, berkirim gambar baik dalam bentuk foto maupun video lewat WhatsApp memang mudah. Namun jika menggunakan cara yang kurang tepat, foto yang dikirim malah memiliki kualitas gambar yang buruk. Pasalnya, sistem WhatsApp akan otomatis mengecilkan ukuran foto tersebut.

WhatsApp Kirim Foto, WhatsApp Foto Resolusi Tinggi, Kirim Foto WhatsApp
Menu Attachment di WhatsApp Android (kiri) dan iOS. (Mashable)

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Mashable, Senin (10/12), ada sedikit trik agar foto yang dikirim atau diterima tetap memiliki kualitas yang baik. Sebelum mengetahui triknya lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui dulu fungsi tab-tab yang ada pada fitur Attach atau Lampiran pada WhatsApp.

Letak tombol Attach sendiri berada di sebelah area mengetik pesan. Tombol Attach disimbolkan dengan gambar berbentuk 'clip' yang umum digunakan untuk menjepit kertas.

Pada tombol tersebut, ketika dibuka akan muncul tab-tab baru. Beberapa di antaranya ada Document, Camera, Gallery, Audio, Location, dan Contact. Ketika berkirim gambar atau foto, yang paling umum digunakan adalah menggunakan tab Camera atau Gallery. Lewat fitur itulah gambar yang dikirim pengguna WhatsApp kerap menyusut kualitasnya.

Mungkin ada banyak alasan WhatsApp melakukan ini. Mulai dari mengurangi penggunaan bandwidth, mengurangi beban di server mereka, hingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengirim dan menerima gambar.

Cara agar gambar yang dikirim tetap memiliki kualitas yang baik dengan resolusi yang tetap tinggi adalah dengan menggunakan tab Document. Tab tersebut tidak banyak digunakan untuk berkirim foto mungkin karena penamaannya. Banyak yang mengira tab Document hanya untuk mengirim dokumen-dokumen dalam bentuk teks atau file Words dan PDF saja. Padahal fungsinya bisa lebih dari itu termasuk mengirim foto dan video.

Cara berkirim foto lewat tab Document pun terbilang mudah. Caranya, klik tab Document terlebih dahulu setelah berniat melampirkan foto pada pesan WhatsApp kamu. Jika sudah, beberapa file yang akan dikirim akan tampil di smartphone kamu. Untuk mencari gambar yang kamu inginkan, tinggal klik tab dengan tulisan ‘Browse other document’ di area paling atas.

Jika sudah, akan muncul tampilan files yang kamu simpan di smartphone. Selanjutnya kamu tinggal mencari dan memilih file yang ingin kamu kirim. Foto misalnya pada file kamera. Setelah dipilih, kemudian kamu tinggal kirim dan selanjutnya file akan terkirim sesuai ukuran aslinya. Mudah bukan?

Metode yang kami jabarkan di atas bekerja untuk platform Android dan iOS. Bedanya dangan cara mengirim foto lewat tab Gallery atau Camera adalah baik pengirim atau penerima gambar tidak akan dapat melihat thumbnail gambar. Sebagai gantinya, simbol document menjadi tanda bahwa kamu telah mengirim atau menerima gambar.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up