JawaPos Radar | Iklan Jitu

Instagram akan Simpan Lokasi Pengguna lalu Dibagi ke Facebook

08 Oktober 2018, 11:39:53 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Instagra,, Instagram Simpan Lokasi, Instagram Lokasi Bagi Facebook
Ilsutrasi: pengguna aplikasi Instagram. (Mirror)
Share this

JawaPos.com – Instagram akan memiliki fitur lokasi baru yang akan terkoneksi dengan Facebook. Jika selama ini Instagram tidak menyimpan lokasi pengguna, maka sebentar lagi hal itu akan berubah. Lokasi yang kerap dibagikan user Instagram akan dibagi untuk perusahaan induk mereka, Facebook.

Melansir laman Mirror, Senin (8/10), banyak pihak menilai Facebook yang mulai menginvasi lini-lini usahanya ini merupakan upaya perusahaan untuk menghasilkan semakin banyak pundi-pundi uang. Ya, uang. Dari lokasi yang akan dikomersialiasikan perusahaan untuk kemudian dijual kepada yang membutuhkan, dalam hal ini pengiklan.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong. Dia menemukan bahwa fitur ini sudah mulai ada di sebagian aplikasi berbagi foto dan video itu. Tidak butuh waktu lama, fitur baru lokasi Instagram yang terafiliasi dengan Facebook ini akan segera dirilis ke user secara luas.

Instagra,, Instagram Simpan Lokasi, Instagram Lokasi Bagi Facebook
Fitur lokasi baru Instagram yang akan terkoneksi dengan Facebook. (Twitter/@wongmjane)

Menurut sebuah laporan, fitur ini kemungkinan akan menyebabkan kemarahan di antara orang-orang yang khawatir tentang perlakuan Facebook terhadap penggunanya. Kemudian yang terpenting lagi tentang apa yang mungkin sedang dipelajari Facebook kepada usernya di balik layar.

Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang ingin mengetahui gambaran tepat tentang di mana Anda berada. Google juga melacak penggunanya, dan portal My Activity akan menunjukkan di mana Anda berada melalui ponsel. Kendati dapat dimatikan, tetapi Google mengakui bahwa jika pengguna membuka Google Maps, maka data itu juga akan disimpan di profil pengguna.

Semua perusahaan teknologi itu menggunakan informasi yang didapat untuk menargetkan iklan. Misalnya, jika Anda biasa di area tertentu, perusahaan lokal dapat membeli iklan untuk mendorong Anda menggunakan layanan mereka.

Untuk Facebook sendiri, mereka telah menulis tentang bagaimana fitur ini membantu pengiklan lokal menemukan pelanggan. Hal itu akan memungkinkan perusahaan nasional untuk menargetkan orang dengan toko atau layanan di daerah mereka.

Termasuk memberi nilai lebih baik bagi pengiklan. Sebab, mereka tidak meminta orang di Bandung untuk masuk dan membeli kopi di kedai yang berlokasi di Cirebon. Hal ini jelas memungkinkan Facebook menghasilkan lebih banyak uang dengan memberi pengiklan alat penargetan terbaik.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up