JawaPos Radar | Iklan Jitu

Marak Penipuan Pelanggan, Keamanan My Telkomsel akan Diperketat

07 November 2018, 15:21:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Tuty R Afriza Telkomsel, Telkomsel Penipuan, My Telkomsel Penipuan
Vice President Digital Experience and Business Insight Telkomsel Tuty R Afriza dalam kesempatan temu media di Jakarta, Selasa (6/11). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Maraknya aksi penipuan yang menimpa pelanggan seluler tengah menjadi perhatian serius Telkomsel. Provider telekomunikasi pelat merah berupaya memberantas penipuan yang menimpa pelanggannya lewat aplikasi My Telkomsel. Adapun cara-cara yang disiapkan Telkomsel adalah dengan meramu 'jurus' baru dengan fitur Biomteric Login.

Vice President Digital Experience and Business Insight Telkomsel Tuty R Afriza mengungkapkan, ada berbagai macam modus penipuan yang sering muncul, seperti meminta informasi kode verifikasi atau On-Time Password (OTP) di aplikasi My Telkomsel yang dikirimkan melalui SMS.

“Padahal pelanggan sudah sering kami imbau. Entah karena apa mereka masih memberikan OTP kepada pihak-pihak tak dikenal yang berbuntut kepada kasus penipuan,” ungkapnya saat temu media di Jakarta, Selasa (6/11).

Telkomsel Penipuan, My Telkomsel Penipuan
Ilustrasi: Kejahatan dunia maya. (BlockInsider)

Menurut Tuty, ketika pengguna aplikasi My Telkomsel memberikan OTP, maka dia masuk ke perangkap penipu. “Dengan iming-iming janji hadiah, user My Telkomsel memberikan OTP. Ketika sudah di berikan OTP ke penipu, penipu bisa masuk ke akun My Telkomsel dan bebas melakukan apa saja di situ. Paling banyak adalah melakukan transaksi pembelian dengan nominal besar,” terangnya.

Telkomsel sendiri mengaku telah mengerahkan keamanan berlapis. Misalnya saat ingin memberi gift atau pulsa ke orang lain. Ketika user mau membeli, notifikasi pun akan diberikan. Ketika keluar pun, pemilik akun My Telkomsel dengan nomor tersebut masih akan diberikan notifikasi. Selanjutnya, jika ada aktivitas mencurigakan di akun user yang digunakan, Telkomsel mengklaim peringatan juga akan diberikan.

Berangkat dari hal tersebut, Telkomsel dengan aplikasinya berencana merilis fitur baru. Fitur tersebut merupakan keamanan baru di layanan My Telkomsel.

Tuty memaparkan, nantinya fitur baru tersebut akan berupa magic link dan biometric login. Namun untuk Biometric Login, Tuty masih enggan menyebut akan seperti apa implementasi fiturnya. Apakah berbasis sidik jari, pemindai wajah atau sejenisnya.

Kehadiran fitur keamanan baru itu diharapkan dapat meminimalisir penipuan dengan memanfaatkan OTP My Telkomsel. Selain itu, dirinya juga menyebut bahwa biasanya yang menjadi korban penipuan justru pelanggan Telkomsel yang belum menggunakan aplikasi tersebut atau dengan intensitas penggunaan yang rendah.

Sekadar informasi, OTP sendiri merupakan kode keamanan yang dikirimkan oleh Telkomsel ketika pelanggan mengakses My Telkomsel. Lewat aplikasi tersebut, pelanggan bisa memanfaatkan untuk berbagai hal seperti membeli paket, mentransfer pulsa, cek kuota, dan sebagainya.

Adapun bagi pengguna yang merasa akun My Telkomsel mereka janggal atau terasa sedang diakses pihak tak bertanggung jawab, pelanggan dapat melakukan logout otomatis dengan menghubungi *323*20#. Setelahnya, pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis akan keluar dari aplikasi My Telkomsel. Hal ini juga berlaku jika MyTelkomsel digunakan di beberapa perangkat berbeda.

Tindakan pencegahan lain yakni menghubungi layanan call center 24 jam pada nomor telepon 188, serta mengirim SMS pengaduan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN penipu#isi SMS penipuan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up