JawaPos Radar | Iklan Jitu

Bowo Alpenliebe Dipastikan Tidak Bisa Bermain Tik Tok Lagi

05 Juli 2018, 08:40:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Tik Tok, Tik Tok Diblokir, Bowo Alpenliebe
Prabowo Mondardo dan ibunya, Ernawati, saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (4/7). (Yuliani NN/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tik Tok mendadak menjadi semakin populer. Selain viral karna konten dan salah satu artisnya yang bernama Bowo Alpenliebe, Tik Tok makin menanjak topiknya lantaran pemblokiran yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Aplikasi berbagi video pendek dan live streaming itu resmi diblokir Kemenkominfo sejak Selasa (3/7).

Nah, kemarin, Rabu (4/7), perwakilan Tik Tok Indonesia mendatangi Kemenkominfo di Jakarta. Dari hasil pertemuan Tik Tok dengan Menkominfo Rudiantara, pemblokiran aplikasi video itu bisa dibuka. Asalkan Tik Tok mau berbenah lebih dulu.

Kemenkominfo meminta agar Tik Tok membersihkan konten negatif. Kemudian melakukan filtering dan moderasi konten. Selanjutnya Tik Tok harus mengubah batas umur yang tadinya 12 tahun menjadi 16 tahun.

Tik Tok, Tik Tok Diblokir, Bowo Alpenliebe
Menkominfo Rudiantara (kiri) bersama Senior Vice President Corporate Strategy Bytedance, Zhen Liu (tengah) yang menjadi perusahaan induk Tik Tok usai menggelar pertemuan di Kemenkominfo, Jakarta. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

"Secepatnya akan dibuka bila mereka memenuhi komitmen yang kami minta tadi," terang Rudiantara di Jakarta, Rabu (4/7).

Meski nantinya pemblokiran telah dibuka lagi, namun berdasar syarat tersebut, artis Tik Tok dengan nama akun Bowo Alpenliebe yang belakangan viral di media sosial dipastikan tidak bisa lagi bermain Tik Tok.

Mengapa? Sebab dalam pertemuannya dengan Tik Tok, Rudiantara meminta Tik Tok untuk merevisi batas umur dari penggunanya. "Batas usia pengguna Tik Tok saat ini kan 12 tahun, ini agak aneh," jelas Rudiantara.

"Nah yang itu kita minta naikan. Umur 12 tahun itu masih kecil banget, kalau nggak ada pengawasan dari orang tua kan bahaya. Makanya kita minta naikan itu," sambungnya.

Bowo yang populer karena Tik Tok diketahui baru berusia 13 tahun. Menyoal permintaan revisi usia pengguna, Tik Tok menyanggupi bahwa pembatasan usia nantinya akan menjadi 16 tahun. Jika menepati janjinya, maka otomatis bocah dengan nama asli Prabowo Mondardo itu tidak akan lagi bisa memainkan aplikasi Tik Tok.

Senior Vice President Corporate Strategy Bytedance, Zhen Liu yang menjadi perusahaan induk Tik Tok mengatakan, Tik Tok nantinya akan memiliki sistem berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa memprediksi usia pengguanya.

"Sebagai fitur keamanan, kami juga akan menggunakan face recognition technology. Hal tersebut nantinya akan bisa memprediksi usia penggunanya, jika belum cukup umur sesuai ketentuan. Maka akan secara otomatis terdeteksi," ujarnya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up