JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mozilla Kenalkan Aplikasi ScreenshotGo Berbasis AI, Ini Keunggulannya

02 November 2018, 13:53:13 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Mozilla ScreenshotGo, ScreenshotGo Berbasis AI, Mozilla ScreenshotGo Keunggulan
Head of Product Mozilla Asia Joe Cheng menjajal aplikasi Firefox Lite dan Firefox ScreenshotGo saat jumpa pers Mozilla di Jakarta, Kamis (2/11). (Istimewa/Mozilla)
Share this

JawaPos.com – Selain mengumumkan perubahan nama atau rebranding aplikasi Firefox Rocket menjadi Firefox Lite, Mozilla turut mengenalkan aplikasi baru untuk penggunanya di tanah air bernama Firefox ScreenshotGo. Seperti namanya, Firefox ScreenshotGo merupakan aplikasi yang bertugas mengambil tangkapan layar alias screenshot.

“Bukan aplikasi screenshot biasa, Firefox Screenshot Go turut dibekali fitur berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI),” ujar Head of Product Mozilla Asia, Joe Cheng di Jakarta.

Dia menerangkan, aplikasi ini mengemas bermacam fitur yang mengedepankan efisiensi dan kemudahan dalam penggunaan. “Firefox ScreenshotGO dapat membantu pengguna untuk mengambil, mengatur dan mencari hasil tangkapan layar hanya dalam hitungan detik,” terangnya.

Mozilla ScreenshotGo, ScreenshotGo Berbasis AI, Mozilla ScreenshotGo Keunggulan
Tampilan antarmuka aplikasi terbaru Mozilla, Firefox Lite dan Firefox ScreenshotGo. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lebih jauh, apikasi ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam mendokumentasikan informasi dari berbagai aplikasi lain. ScreenshotGO juga dilengkapi dengan fitur Text Recognition yang bisa membantu pengguna untuk menyalin tulisan dari screenshot saat diperlukan menjadi rangkaian teks utuh bak ketikan komputer.

Hal menarik lainnya yakni Firefox ScreenshotGo bisa mengkategorikan tangkapan layar pengguna dan memasukannya ke dalam folder yang dikehendaki. Jika user pelupa, Firefox ScreenshotGo nantinya akan memiliki kapabilitas untuk mencari dan mendeteksi file screenshot hanya berbekal keyword atau kata kunci yang diingat pengguna. Dengan demikian, pengguna dikatakan tidak perlu khawatir atas pengelompokkan hasil screenshot dalam files yang ada.

Sebagai contoh, saat pengguna ingin mengabadikan konten promo di situs belanja online. Ketika lupa dan ingin mencarinya kembali, user hanya perlu masuk ke aplikasi, lalu ketuk ikon cari dan ketikkan kata kunci yang diingat. Misalnya, dengan menggunakan kata kunci ‘flash sale’, maka hasil screenshot yang dicari di dalamnya akan menampilkan hasil sesuai kata kunci ‘flash sale’.

“Banyak pengguna internet Indonesia mengambil screenshot dari artikel dan berbagai informasi menarik lainnya dari media sosial melalui browser mereka. Kami memahami bahwa pengguna juga menghabiskan banyak waktu dalam berbagai aplikasi. Dengan Firefox ScreenshotGo, kami ingin membantu pengguna untuk mengambil, mengatur, dan menemukan screenshot yang telah diambil dari berbagai aplikasi,” jelas Joe Cheng.

Sejauh ini ScreenshotGo masih dalam format beta. Mozilla yang populer sebagai pengembang browser masih menyempurnakan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Namun begitu, bagi user yang ingin menjajal aplikasi tersebut, pengguna Android sudah bisa menemukannya di Play Store dan akan menyusul untuk iOS di kemudian hari.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up