JawaPos Radar | Iklan Jitu

Firefox Rocket Ganti Nama Jadi Firefox Lite, Fitur Lebih Unggul

02 November 2018, 11:36:41 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Firefox Lite, Mozilla Firefox Lite, Firefox Lite fitur
Head of Mozilla Product Asia Joe Cheng saat jumpa pers Mozilla di Jakarta, Kamis (1/11). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Vendor peramban atau browser kenamaan Mozilla resmi mengganti nama aplikasi Mozilla Firefox Rocket menjadi Mozilla Firefox Lite. Perangkat lunak tersebut kini telah tersedia di Indonesia.

Head of Mozilla Product Asia Joe Cheng mengungkapkan alasan pergantian nama dari Firefox Rocket menjadi Firefox Lite karena alasan penegasan. "Nama baru ini supaya lebih jelas. Aplikasi dengan nama 'Lite' biasanya memang aplikasi yang ringan," ujarnya di jumpa pers Mozilla Di Jakarta, Kamis (1/11).

Firefox Lite, Mozilla Firefox Lite, Firefox Lite fitur
Tampilan user interface Mozilla Firefox Lite. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lebih jauh, dia menjelaskan, nama Firefox Lite membawa pesan yang kuat bahwa ini merupakan aplikasi peramban versi mini bikinan Mozilla. "Tidak hanya nama yang berbeda, Firefox Lite juga membawa sejumlah pembaruan menarik," katanya.

Dalam presentasinya, ada beberapa hal yang di-highlight ihwal aplikasi peramban yang dikatakan cocok untuk smartphone dengan kelas menengah ke bawah ini. Tak hanya ringan memiliki 'bobot' 3,2 MB, Firefox Lite juga dikatakan cepat.

Aplikasi Mozilla Firefox Lite memiliki beberapa fitur penting seperti Turbo Mode, Block Image, dan Scrollable Screenshot. Selain itu, sebagai versi teranyar, Mozilla Firefox Lite juga mendapat sentuhan penyegaran tampilan User Interface (UI) dengan warna yang cerah.

Untuk fitur Turbo Mode sendiri memungkinkan user untuk memblokir iklan. Dengan iklan yang terblokir, loading time ke situs tujuan menjadi lebih ringan dan berimbas langsung pada kecepatan akses.

Sementara untuk Block Image, seperti namanya, fitur tersebut bisa memblokir gambar pada situs yang dikunjungi. Hal tersebut diklaim memiliki tujuan untuk menghemat kuota data karena tidak memerlukan unduhan gambar dalam situs yang dikunjungi. Selain itu, mirip Turbo Mode, dengan tidak adanya gambar yang ditampilkan, loading time juga dikatakan lebih cepat.

Terakhir, ada fitur menarik lainnya yakni Scrollable Screenshot. Fitur ini terbilang paling menarik di antara fitur-fitur unggulan lainnya. Dengan fitur ini, ketika user melakukan tangkapan layar atau screenshot, biasanya hanya gambar yang ada di area layar saja yang tampil.

Namun dengan Firefox Lite dan fitur Scrollable Screenshot, pengguna bisa melakukan scrolling pada gambar yang ditangkap. Dengan kata lain, screenshot tersebut mengambil keseluruhan gambar yang ada dalam tab yang sedang di akses pengguna. Menariknya lagi, dalam tangkapan gambar juga menyimpan link dari situs yang di screenshot.

Dengan demikian, ketika membaca situs berita misalnya, user bisa menghemat penggunaan data. Pasalnya, gambar yang diambil adalah gambar tab secara keseluruhan dan user bisa melakukan membaca kembali situs berita yang di-screenshot secara keseluruhan. Jika ingin kembali ke situs tujuan juga mudah, yakni dengan mengetuk salah satu tab yang langsung terhubung ke situs tujuan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up