alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Google Maps Kini Punya Fungsi Pesan Instan, Ini Kegunaannya

02 Januari 2019, 16:06:22 WIB
Google Maps, Google Maps pesan instan, pesan instan Google Maps
Ilustrasi: Orang menggunakan layanan peta digital Google Maps. (PakistanToday)
Share this

JawaPos.com – Google Maps memiliki fungsionalitas baru. Layanan peta digital milik Google itu kini dilengkapi fitur Messages atau Pesan. Pembaruan fitur tersebut bahkan sudah bisa dinikmati bagi pengguna Android.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman TechNave, Selasa (2/1), pembaruan fitur Pesan pada layanan Google Maps baru tersedia di aplikasi yang berjalan di atas sistem operasi Android saja. Belum diketahui kapan fitur serupa akan hadir di platform iOS.

Melihat fungsinya, fitur Pesan atau Messages yang ada di Google Maps agaknya tidak ditujukan kepada fungsi pesan orang per orang. Dengan kata lain, kamu tidak akan mendapati chat masuk dari teman kamu saat sedang berkendara.

Google Maps, Google Maps pesan instan, pesan instan Google Maps
Fitur baru di Google Maps, layanan pesan instan. (TechNave)

Lalu untuk apa? Fitur Pesan di Google Maps agaknya merupakan fitur baru yang menunjang fungsi bisnis penggunanya. Misalnya, kamu seroang pemilik restoran dan restoran kamu terdapat di peta digital Google. Nah, ketika seseorang sedang mencari restoran kamu, sebagai pemilik restoran memungkinkan untuk berinteraksi dengan calon konsumen kamu melalui layanan Pesan di Google Maps ini.

Singkatnya, fitur ini dimaksudkan agar pengguna dapat terhubung langsung dengan pemilik toko dan bisnis lokal untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan mereka. Jadi, dengan fitur baru ini, pengguna yang ingin datang ke suatu tempat semisal restoran, tidak akan menjadi repot bahkan kecewa ketika sudah datang ke restoran yang dituju, tetapi restoran tersebut ternyata tutup.

Masih soal fitur baru Google Maps, laman Digital Trends menyebut bahwa saat ini belum semua negara telah menerima pembaruan ini. Dengan kata lain layanan pesan instan Google Maps ini masih terbatas pada penggunanya di seluruh dunia. Namun kalau kamu ingin mencoba, bisa pastikan sendiri pembaruan kamu tentang Google Maps di Play Store secara manual.

Sekadar informasi, fitur pesan instan ini adalah satu dari banyak update yang dilakukan di layanan Google di Maps. Sebelumnya, Google juga meluncurkan fitur agar pengguna bisa mengikuti bisnis lokal tertentu, berbagi estimasi perjalanan, mengeksplorasi bisnis disekitar area user, dan masih banyak lagi.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini