JawaPos Radar

Menyesal Usai Makan Banyak, Ikuti 5 Langkah Turunkan Berat Badan

14/10/2018, 09:31 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tips diet, langkah diet sehat, cara turunkan berat badan,
Olahraga Jadi Salah Satu Langkah Untuk Mengembalikan Berat Badan. (Unsplash)
Share this image

JawaPos.com - Ketika stres terhadap pekerjaan yang melelahkan, tak jarang seseorang mengalihkan pikirannya pada makanan. Namun, makan yang tak terkontrol bisa membuat berat badan naik. Dan seringkali tindakan makan berlebih memuat seeorang menyesal setelah melihat angka di timbangan.

Tapi bukan berarti berat badan yang sudah terlanjur naik tidak bisa dikontrol. Ahli Gizi, Mckel Hill, mengungkapkan ada lima langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bentuk badan Anda seperti dilansir dari Healthline, Minggu (14/10). 

1. Atur Ulang Pola Pikir Anda

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah kembali ke jalur diet yang sehat dengan menghilangkan makanan 'tidak sehat' yang disukai. Ubahlah cara pikir Anda dengan melatih keseimbangan, mendengarkan keinginan tubuh anda, dan menemukan cara yang lebih sehat untuk menikmati makanan favorit, merupakan cara terbaik.

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan mengandung banyak gula dan berlemak tidak memiliki serat serta protein yang dapat menjaga kadar gula darah. Saat Anda mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, gandum utuh, kacang-kacangan, dan protein nabati lainnya, Anda akan kenyang lebih lama. Selain itu, banyak makanan kaya serat yang mengandung antioksidan sehingga membantu melawan peradangan di dalam tubuh yang disebabkan oleh stres, kadar kortisol yang tinggi, dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

3. Membuat Daftar Makanan

Buat daftar hidangan yang ingin Anda makan selama seminggu dan tulis daftar belanja makanan serta bahan-bahan yang dibutuhkan. Dengan daftar makanan ini, Anda dapat terhindar dari keinginan untuk menambahkan makanan tidak sehat.

4. Buat Catatan Harian

Jurnal adalah salah satu strategi untuk menetapkan fokus pada tujuan. Tuliskan hal baik yang sudah berhasil dilakukan dan kekurangan apa yang perlu diperbaiki. Ciptakan strategi untuk mencegah godaan yang mungkin datang mengganggu pola makan Anda.

5. Olahraga

Nutrisi dan kebugaran merupakan hal yang tak dapat dipisahkan.  Ketika Anda terjebak dalam pola makan berlebih, metabolisme akan melambat dan tubuh tidak dapat menggunakan energi secara efisien. Berolahraga tak hanya dapat meningkatkan metabolisme, tetapi juga melatih tubuh untuk menggunakan lemak untuk bahan bakar.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up