JawaPos Radar

Khashoggi Diduga Nyalakan Rekaman dari Perangkat Apple Watch

14/10/2018, 06:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
wartawan, khashoggi, arab saudi, wartawan dibunuh,
Perangkat Apple Watch mungkin bisa menjadi petunjuk untuk kasus hilangnya wartawan senior Arab Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Turki pekan kemarin ()
Share this image

JawaPos.com - Perangkat Apple Watch mungkin bisa menjadi petunjuk untuk kasus hilangnya wartawan senior Arab Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Turki pekan kemarin. Ada kemungkinan Khashoggi telah merekam kematiannya sendiri.

Khashoggi diduga menyalakan fungsi rekaman dari perangkat Apple Watch yang dia kenakan sebelum berjalan ke konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Surat kabar swasta Turki tersebut menulis bahwa momen interogasi, penyiksaan, dan pembunuhannya kemungkinan direkam di Apple Watch yang terhubung dengan kedua ponselnya dan ke iCloud. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), Sabah juga menulis bahwa pasukan keamanan yang memimpin penyelidikan menemukan file audio di dalam telepon Khasshoggi yang ada di tunangannya.

wartawan, khashoggi, arab saudi, wartawan dibunuh,
Surat kabar swasta Turki tersebut menulis bahwa momen interogasi, penyiksaan, dan pembunuhannya kemungkinan direkam di Apple Watch yang terhubung dengan kedua ponselnya dan ke iCloud (The Daily Star)

Setelah memperhatikan Apple Watch yang dikenakan Khashoggi, masih dalam laporan yang sama, penyerang Khashoggi mencoba membuka kunci Apple Watch dengan beberapa upaya kata sandi, yang pada akhirnya menggunakan sidik jari Khashoggi untuk membuka kunci jam pintar tersebut. Ada dugaan bahwa mereka berhasil menghapus hanya beberapa file.

Namun, di situs webnya, Apple tidak mencantumkan verifikasi sidik jari sebagai salah satu kemampuan Apple Watch.

Tidak segera jelas apakah secara teknis, memungkinkan untuk telepon Apple Khashoggi, mentransfer audio ke teleponnya, yang telah ia berikan kepada tunangannya sebelum memasuki konsulat.

Kabar tersebut belum diverifikasi oleh pihak manapun. Hingga saat ini hal itu bukanlah kesimpulan akhir dari penyelidikan.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up