JawaPos Radar

Dugaan Suap dan Gratifikasi Bupati Malang

KPK Periksa Delapan Orang Saksi di Mapolres Malang

13/10/2018, 16:09 WIB | Editor: Dida Tenola
KPK Periksa Delapan Orang Saksi di Mapolres Malang
Suasana Ruang Bhayangkari Mapolres Malang, lokasi pemeriksaan delapan saksi terkait dugaan suap dan gratifiksai yang menyeret Bupati Malang Rendra Kresna. (Tika Hapsari/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menyeret Bupati Malang Rendra Kresna. Mereka kembali memeriksa delapan orang saksi, Sabtu (13/10). 

Delapan orang itu diperiksa di Ruang Bhayangkari Mapolres Malang sejak pukul 10.00 WIB. Hingga berita ini ditulis, pemeriksaan masih berlangsung.

Para saksi itu meliputi lima pihak swasta dan tiga PNS. Beberapa nama sudah tidak asing lagi di telinga warga Kabupaten Malang. 

Sebut saja Willem Petrus Salamena yang merupakan kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Willem Petrus Salamena. Lalu ada Moh Zaini Ilyas, seorang pengusaha yang cukup berpengaruh di Kabupaten Malang. 

Bisnis Zaini bergerak di bidang hasil bumi. Bisa dibilang, dia merupakan salah satu orang kaya di Kabupaten Malang. Setiap tahun, Zaini kerap mengeluarkan harta ratusan juta untuk zakat mal kepada ribuan warga kurang mampu. 

Zaini juga disebut memiliki hubungan cukup dekat dengan Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Sekitar tahun 2016, pasca lebaran, wartawan JawaPos.com pernah melihat Dewanti bertamu ke rumah Zaini di Dampit. Kala itu, Zaini menggelar kegiatan pembagian zakat mal kepada ribuan orang.

Selain Willem Petrus dan Zaini, Hari Mulyanto juga turut diperiksa. Dia merupakan salah satu kontraktor di wilayah Kabupaten Malang. 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, hingga saat ini, sudah ada 18 saksi yang diperiksa. "Kami juga sudah melakukan penggeledahan di 23 titik dan menyita sejumlah dokumen soal perkara ini," jelas Febri.

 

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Bupati Malang Dinilai Ksatria 13/10/2018, 16:09 WIB
Bupati Malang Mengaku Jadi Tersangka 13/10/2018, 16:09 WIB
KPK Geledah Pendopo Kabupaten Malang 13/10/2018, 16:09 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up