JawaPos Radar

Gempa 2,4 SR Guncang Banjarnegara, Tak Ada Korban Jiwa

13/10/2018, 16:06 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gempa Bumi
ILUSTRASI: Gempa tektonik berkekuatan 2,4 skala richter (SR) dilaporkan terjadi di wilayah dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (13/11). (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gempa tektonik berkekuatan 2,4 skala richter (SR) dilaporkan terjadi di wilayah dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (13/11). Beruntungnya, tak ada korban dalam perisitiwa ini.

Pada keterangan resmi yang ditulis Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, disebutkan terjadi pukul 06.23 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,35 LS dan 109,92 BT.

"Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km arah Tenggara Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 9 km," imbuhnya.

Dituliskan pula pada keterangan resmi tersebut, gempa bumi itu adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal jika dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa dirasakan oleh sebagian masyarakat di Kawasan Dieng, I SIG-BMKG (I-II MMI).

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 07.46 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang relawan TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Agus menyebut, gempa kali ini tak menimbulkan kepanikan di tengah masyarkat. Bahkan, banyak dari mereka yang tak menyadari gempa dan baru tahu setelah muncul edaran pada group WhatsApp wilayah masing-masing.

"Aman-aman saja. Korban nihil dan bangunan-bangunan terdampak juga tidak ada. Soalnya areal kena getaran itu daerah sawah-sawah," ujarnya saat dihubungi.

Hingga Sabtu (13/10) siang sekitar pukul 14.26 WIB, menurutnya tak terjadi gempa susulan di wilayah terkena gempa maupun sekitarnya. "Nggak ada mas, aman," cetusnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up