JawaPos Radar

Internet Global Disebut Terganggu, Kemenkominfo Minta Tak Perlu Takut

13/10/2018, 15:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
internet, internet global, jaringan internet,
Belakangan beredar isu bahwa dalam satu atau dua hari ke depan internet global akan mengalami gangguan (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Belakangan beredar isu bahwa dalam satu atau dua hari ke depan internet global akan mengalami gangguan atau crash. Hal ini mengemuka karena pada 11 Oktober 2018, ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) melakukan pergantian key signing key (KSK) pada root server-nya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Ferdinandus Setu mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu khawatir dengan isu tersebut.

"Sebab yang berpotensi terdampak dari pergantian KSK root server ICANN tersebut adalah Domain Name System (DNS) resolver milik Internet Service Provider (ISP) yakni DNS yang berfungsi mencari alamat IP dari nama domain yang dituju," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Jumat,  (12/10).

internet, internet global, jaringan internet,
Serangan siber juga sering mengganggu internet (Deccan Chronicle)

Selain itu, Ketua Umum Pengelola Nama Domain Indonesia ( PANDI) Andi Budimansyah mengatakan, pergantian root server ICANN ini telah diantisipasi oleh pengelola nama domain di seluruh dunia sejak 2 tahun lalu. "Artinya para ISP yg telah menggunakan DNS Resolver terbaru atau terkini, tidak akan terdampak oleh pergantian KSK root server ICANN," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Kendati begitu, Kemenkominfo tetap mengimbau para ISP Indonesia yang belum menggunakan DNS Resolver terkini atau terbaru agar tetap waspada. Hal tersebut dimaksud agar pergantian root server ICANN tidak berpotensi merugikan para pelanggan ISP di Indonesia.

Lebih jauh, ISP atau provider yang menjalankan DNS resolver diminta harus memastikan bahwa keys root di server DNS Resolvenya telah update. ISP juga diimbau agar menggunakan versi terbaru dari software DNS-nya untuk menjamin update key-nya berjalan dengan baik.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up