JawaPos Radar

Benarkah Jokowi yang Meminta Premium Dinaikkan? Ini Kata Istana

13/10/2018, 13:30 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Benarkah Jokowi yang Meminta Premium Dinaikkan? Ini Kata Istana
dispenser harga bbm premium (Dok. JawaPos.com)
Share this image

Benarkah Jokowi yang Meminta Premium Dinaikkan? Ini Kata Istana

JawaPos.com - Polemik pembatalan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang hanya berselang 1 jam dari pengumuman kenaikannya menjadi polemik. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan disebut tak melakukan koordinasi dengan istana terkait kenaikan tersebut.

Juri Bicara Kepresiden Johan Budi mengaku belum mendengar pernyataan langsung dari Jonan. Namun, dia memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung yang meminta dibatalkan kenaikan premium.

Selain itu, Johan juga menyebut jika dirinya belum mendengar dari presiden jika ada arahan untuk menaikkan harga premium.

"Saya dapat keterangan bahwa presiden membenarkan bahwa dia yang nelpon pak jonan untuk batalkan kenaikan itu. Tapi saya tidak dapat penjelasan apakah sebelumnya ada perintah itu. Yang pasti benar bawa presiden membatalkan itu. Itu cerita dari pak presiden," ujarnya di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10) kemarin.

"Itu tadi, pak presiden yg perintahkan pak jonan untuk membatalkan kenaikan premium," tuturnya.

Johan juga tidak bisa memastikan respon Presiden Jokowi saat mendengar kenaikan premium tersebut. Dia hanya menegaskan bahwa pembatalan itu merupakan arahan presiden langsung.

"Saya tidak tahu kaget atau nggak. Lagi pula di bandara udah malam juga, enggak keliatan. Yang pasti pak presiden yang nelpon jonan untuk membatalkan kenaikan itu. Nah mungkin lewat ajudan ya," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up