JawaPos Radar

Pulihkan Trauma Korban Gempa, UMM Kirim Relawan ke Palu

13/10/2018, 11:00 WIB | Editor: Dida Tenola
Pulihkan Trauma Korban Gempa, UMM Kirim Relawan ke Palu
Para relawan UMM dan MDMC saat bertugas di Lombok. (Humas UMM for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan menerjunkan relawan psikososial untuk penyembuhan trauma korban gempa di Palu. Para relawan itu akan diberangkatkan ke Palu melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Dekan Fakultas Psikologi UMM Muhammad Salis Yuniardi, SPsi MPsi, PhD Psikolog, menerangkan, pekan depan dia akan mulai mengutus mahasiswa-mahasiswa terbaiknya ke Palu."Saat ini sedang dalam tahap pembekalan. Minggu depan sudah siap berangkat bersama MDMC ke Palu," terang Salis, Sabtu (13/10). 

Salis melanjutkan, pihaknya secara kosisten menurunkan tenaga-tenaga terbaiknya. Mereka memberikan pelayanan psikososial kepada korban-korban bencana maupun konflik. Mulai dari Konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM), konflik Poso, tsunami Aceh dan yang terbaru gempa Lombok.

Para relawan telah dibekali beragam kompetensi oleh Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial UMM. Sebagai ganjaran, keberangkatan para relawan itu bakal dikonversikan menjadi nilai ke sejumlah mata kuliah. "Mereka yang berangkat ini berhak mengonversikan nilainya ke Kuliah Kerja Nyata (KKN) ataupun Mata kuliah Psikologi Terapan. Bagi yang sudah mengambil skripsi, bisa menjadikan Palu sebagai objek penelitiannya," tambahnya.

Para relawan akan bertugas di Palu selama tiga hingga empat pekan. Mereka harus siap dengan berbagai keterbatasan saat terjun ke lapangan nantu. Salis berpesan, keterbatasan itulah yang nantinya akan menjadi tantangan serta melatih kepekaan para relawan."Pembekalan dilakukan sedemikian rupa demi mempersiapkan para relawan tangguh," ucap Salis,

 

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up