JawaPos Radar

Tahun Ini, 6 Jurnalis Tewas di Meksiko

13/10/2018, 10:45 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
wartawan dibunuh, jurnalis tewas, pembunuhan wartawan, wartawan,
Jurnalis Meksiko unjuk rasa akibat pembunuhan salah satu temannya (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Seorang jurnalis TV dan seorang pria lain ditemukan tewas tertembak di resor Meksiko Cancun pada akhir Juli. Dilansir dari Reuters beberapa saat lalu, kantor kejaksaan setempat mengatakan, kameramen TV yang dibunuh itu diidentifikasi oleh kantor kejaksaan negara bagian Quintana Rood dengan nama J.E.R.V. 

Stasiun televisi lokal Canal 10 melalui Twitter-nya mengatakan, kalau mereka sangat menyesalkan kejadian akhir Agustus lalu. “Ini menjadi kehilangan bagi kami yang tak dapat dibayar dengan apapun karena kami kehilangan kameramen bernama Javier Rodriguez Valladares," katanya. 

Setidaknya 12 wartawan dibunuh di Meksiko tahun lalu. Meksiko merupakan salah satu negara yang sarat kekerasan dan berbahaya bagi para jurnalis. 

wartawan dibunuh, jurnalis tewas, pembunuhan wartawan, wartawan,
Seorang wartawan Meksiko dibunuh akibat pekerjaannya (Reuters)

Menurut kelompok advokasi Article 19, tahun ini total ada enam kematian jurnalis di Meksiko. Di Quintana Roo, salah satu kota paling aman di Meksiko, keamanan telah memburuk ketika geng berperang mengendalikan pasar narkoba yang menguntungkan.

Bahkan di kota-kota resor seperti Cancun juga menjadi berbahaya bagi jurnalis. Dua jurnalis telah tewas di negara bagian itu dalam beberapa bulan terakhir.

Termasuk seorang jurnalis yang telah menerima ancaman mati selama berbulan-bulan. Ia melaporkannnya kepada Committee to Protect Journalist kalau ia diancam oleh polisi lokal karena menulis berita yang membuat mereka terusik.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up