JawaPos Radar

Khawatir Chaos, Izin Seminar Kebangsaan Sudirman Said di UGM Dicabut

12/10/2018, 20:04 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Seminar Kebangsaan di UGM
Panitia acara Seminar Kebangsaan Kepemimpinan era Milenial, Jibril Abdul Aziz (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau chaos, Seminar Kebangsaan di UGM dengan pembicara mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan Mantan Menteri Agraria Ferry Mursyidan dicabut izin penggunaan ruangannya, Jumat (12/10). Acara yang seharusnya digelar di salah satu ruang milik Fakultas Peternakan UGM itu pun akhirnya dipindahkan ke sebuah rumah makan di Jalan Magelang, Kabupaten Sleman.

Panitia Acara, Jibril Abdul Aziz membenarkan pencabutan izin seminar yang telah direncanakan jauh-jauh hari tersebut. Terkait dengan peminjaman ruang, menurutnya tidak ada persoalan.

Terlebih proses perizinan juga sudah dilakukan seperti biasanya dengan pengajuan permohonan tanda tangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) hingga Sekretaris Program Studi pada Kamis (11/10).

"Dijelaskan ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, entah itu chaos, kerusuhan, dan sebagainya," katanya, saat ditemui di salah satu rumah makan di Sleman, Jumat (12/10) sore.

Pencabutan izin penggunaan ruangan itu awalnya melalui sambungan telepon. Namun kemudian ia mendatangi secara langsung kepada pengurus program studi untuk melakukan konfirmasi. Ia juga sudah menjelaskan, ketika memang pada pertengahan seminar terjadi chaos atau hal-hal yang tak diinginkan, maka akan dihentikan langsung oleh pihak panitia. Namun keputusan dari pihak kampus tidak bisa ditawar.

"Setelah itu saya tidak mau berdebat panjang. Kami sebagai mahasiswa juga tidak ingin melangkahi dosen kami di Fakultas Peternakan. Saya sendiko dawuh (menurut) saja," ucap mahasiswa Fakultas Peternakan UGM angkatan 2014 ini.

Setelah izin itu dicabut, pihak panitia akhirnya mencoba menggunakan ruang lain yang masih di kompleks kampus UGM. Namun ruang yang diharapkan, yaitu di UC UGM ternyata pada saat yang sama digunakan. "Akhirnya kami di sini (sebuah rumah makan di Sleman). Sempat juga tadi mencari masjid yang bisa digunakan," katanya.

Seminar Kebangsaan yang digelar mengusung topik kepemimpinan era Milenial. Menjelaskan mengenai bagaimana menjadi manajer yang baik. Kedua tokoh nasional itu diundang sebagai pembicara karena mereka dianggap kompeten dalam bidang itu.

Sebelum meminta mereka menjadi pembicara, panitia juga sempat mengundang beberapa dosen di lingkungan UGM. Akan tetapi pada Jumat (12/10) sedang ada jadwal. "Sudirman Said dan Ferry Mursyidan ini pernah menjadi menteri di kabinet Jokowi," ucapnya.

Untuk diketahui, Sudirman Said dan Ferry Mursyidan memang pernah menjadi menteri. Saat ini keduanya menjadi bagian dari tim pemenangan Capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up